menu bar
close-grey

Hati-hati dengan informasi lowongan pekerjaan palsu!

Posted: Mar 28, 2022 2 minute read SMART 1625 views

Mencari pekerjaan bisa menjadi tidak mudah dan terkadang menakutkan. Untungnya, akses online telah membantu kita dengan mudah menghadapi tantangan tersebut. Namun sayangnya, hal tersebut juga memudahkan para penipu membuat peluang dengan menggunakan identitas palsu untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Maklum saja, setiap pelamar tentunya ingin mematuhi seluruh persyaratan rekrutmen ketika mereka mendaftar. Namun, alangkah bijaknya jika Anda mengambil waktu sejenak dan memastikan bahwa informasi lowongan pekerjaan atau situs yang Anda dapatkan adalah kredibel. Sebelum Anda terlibat lebih jauh dengan perekrut pekerjaan apapun secara online, berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda terhindar dari informasi palsu.

Yang pertama, selalu pastikan bahwa lowongan pekerjaan dibuat oleh sumber atau perusahaan yang sah. Salah satu cara sederhana untuk memastikannya adalah dengan mengkonfirmasi rincian informasi yang didapatkan dengan informasi di situs web resmi perusahaan.  Hal ini juga dapat dilakukan dengan menghubungi langsung tim perekrutan perusahaan terkait.

Akhir-akhir ini, kami melihat adanya peningkatan penipuan rekrutmen di mana para penipu berpura-pura sebagai Sinar Mas Agribusiness and Food. Mereka bahkan meminta biaya transportasi dan akomodasi dari pelamar kerja. Penipuan ini menjadi peringatan bagi Perusahaan, karena Perusahaan mendorong para pelamar kerja dapat bergabung dengan Perusahaan sebebas dan seefisien mungkin.

Oleh sebab itu, tim Talent Acquisition telah melakukan serangkaian upaya agar tidak semakin banyak para pelamar kerja yang menjadi korban penipuan. Berikut adalah tiga hal yang perlu diketahui dan bermanfaat saat Anda mengklik tombol “apply” saat melamar kerja:

  1. Kami menggunakan proses rekrutmen digital atau online yang memungkinkan seluruh proses menjadi lebih efisien. Anda tidak perlu khawatir untuk hadir secara fisik saat tes atau wawancara. Langkah ini bertujuan menghilangkan kebutuhan pengaturan transportasi dan akomodasi serta membawa alat tulis pribadi saat ujian.
  2. Sebagai bagian dari proses rekrutmen Perusahaan, kami tidak pernah meminta bayaran dalam bentuk apapun (seperti akomodasi dan transportasi). Jika ada pihak ketiga yang mengaku sebagai Perusahaan dengan meminta sejumlah bayaran dalam bentuk apa pun, atau mengharuskan Anda hadir secara fisik pada tes atau wawancara, kami pastikan bahwa informasi tersebut palsu. Jadi Anda harus menjauhinya.
  3. Terakhir, kami telah menyusun kerangka kerja proses rekrutmen digital untuk memastikan bahwa proses rekrutmen berjalan dengan adil dan cermat. Hal ini bertujuan agar tidak ada kandidat yang menggunakan cara tidak adil untuk mendapatkan jawaban selama tes online.

Sekarang Anda tahu bagaimana Sinar Mas Agribusiness and Food melakukan proses rekrutmennya.

Berikut adalah tanda bahaya lainnya yang dapat membantu Anda memahami informasi palsu terkait rekrutmen:

  1. Pelamar biasanya terdaftar dalam dokumen PDF yang berisi daftar nama dan nomor tes yang ditetapkan secara manual.
  2. Memberikan informasi gaji sebelum proses seleksi.
  3. Kandidat diwajibkan mentransfer sejumlah uang untuk biaya transportasi atau akomodasi.
  4. Tes dilakukan secara tatap muka, di mana calon pekerja diwajibkan membawa alat tulis pribadi untuk mengikuti tes.
  5. Seleksi dilaksanakan pada hari Minggu atau hari libur nasional.
  6. Informasi terkait waktu tes diberikan dalam waktu yang sangat singkat.

Informasi yang singkat ini mungkin dapat membantu Anda agar selalu berhati-hati dengan informasi lowongan kerja palsu. Sayangnya, informasi palsu lowongan pekerjan di dunia maya tidak akan benar-benar hilang dalam waktu singkat. Namun setidaknya, kita dapat menghindarinya dengan terus berhati-hati terhadap sumber informasi online saat kita mencari pekerjaan.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan perekrut online yang mengaku sebagai Sinar Mas Agribusiness and Food, pastikan Anda melihat situs web resmi perusahaan untuk memvalidasi informasi tersebut. Jangan ragu menghubungi tim rekrutmen Perusahaan untuk proses verifikasi informasi atau mengklarifikasi keraguan Anda. Perusahaan dengan senang hati akan menanggapi pertanyaan Anda.

Rendy
Tentang penulis:
Rendy Nataprawira adalah General Recruiter Assistant Manager di Sinar Mas Agribusiness and Food. Lahir di Jakarta pada 15 Desember 1987, Dia lulus dari Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Dia memulai karirnya bersama Sinar Mas Agribusiness and Food pada 12 September 2011.

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail