Ruang Berita

Tokoh

Bekerja hasilkan panen melimpah dan berkelanjutan


Budin Nur Nasution, Pembina Petani, 46 tahun, Kampar

“Setiap ada pertanyaan tentang praktek budidaya kelapa sawit yang baru, sejumlah petani di daerah Kampar mengatakan, “Tanya Budin!” Sebagai pelatih petani yang bekerja di salah satu unit usaha Sinar Mas Agribusiness and Food, saya biasanya menjadi yang pertama yang mempelajari dan berbagi  informasi tentang teknik pertanian baru yang dapat membantu petani swadaya kami meningkatkan hasil panen mereka.

Terdapat sekitar 67.000 petani swadaya yang memiliki lahan di sekitar perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food. Kami membantu mereka dalam meningkatkan produktivitas tanpa merusak lingkungan dengan menyediakan bibit unggul dan pupuk serta memberikan pelatihan dalam melaksanakan praktek-praktek budidaya kelapa sawit yang berkelanjutan.

Budin menunjukkan cara memakai perlengkapan pelindung
Budin menunjukkan cara memakai perlengkapan pelindung.

Modernisasi memang bisa saja menjadi sebuah pilihan yang ditempuh, akan tetapi mendorong petani untuk menerapkan teknik irigasi dan pemupukan dengan disiplin tinggi bukanlah perkara mudah. Banyak petani yang telah tinggal di sini selama puluhan tahun, mengolah lahan dengan cara tradisional. Kebanyakan dari mereka cenderung was-was dalam mencoba sesuatu yang baru dan butuh waktu berbulan-bulan untuk mengubah pikiran mereka.

Pernah satu kelompok petani melihat manfaat pemupukan dengan cara mekanis, namun tidak ingin menyisihkan penghasilan dari para pekerjanya. Petani lain yang mengaplikasikan teknik yang saya ajarkan, justru memanen terlalu dini lantaran mereka ingin ingin segera melunasi hutang mereka. Butuh banyak waktu dan kerja keras untuk membangun kepercayaan dan meyakinkan para petani bahwa ada banyak jalan keluar untuk mengatasi kekhawatiran mereka.

Budin menjelaskan kepada petani cara yang tepat untuk mengaplikasikan pupuk.

Saya menghabiskan banyak waktu bersama Koperasi Unit Desa untuk membangun hubungan yang lebih erat dan memahami apa yang sebenarnya dialami petani. Kami terkadang mengulas manfaat program perusahaan karena promosi berlebihan tidak cocok diterapkan disini. Perlahan tapi pasti kami dapat meyakinkan mereka dan begitulah cara saya menjalani pekerjaan saya sekarang.

Saya menyaksikan sendiri bagaimana para petani dan koperasi meraih keuntungan dalam satu siklus  panen. Dengan perawatan dan pemupukan yang lebih baik serta panen dengan kualitas buah sawit lebih baik, petani telah berhasil meningkatkan pendapatan mereka menjadi 5 hingga 6 juta rupiah setiap lotnya. Kini, hasil panen mereka termasuk yang tertinggi di industri ini.

Terlepas dari berbagai tantangan yang ada, saya menyukai pekerjaan saya karena mengolah lahan bersama para petani merupakan pekerjaan yang saya dambakan. Saya senang karena memiliki andil dalam meningkatkan mata pencaharian mereka agar menjadi lebih baik.”

Baca lebih lanjut tentang upaya Sinar Mas Agribusiness and Food mendukung petani plasma dan swadaya melalui Skema Inovasi Pembiayaan

Klik disini untuk mengetahui lebih banyak kisah istimewa di balik kehidupan sehari-hari dari mereka yang menghasilkan karya luar biasa dan mengubah industri kelapa sawit.

| | | |