Ruang Berita

Tokoh

Gapai mimpi dan bantu keluarga terwujud berkat beasiswa


Dedy saat bekerja di perkebunan kelapa sawit.

Sinar Mas Agribusiness and Food telah melaksanakan program beasiswa untuk membantu masyarakat Indonesia melangkah lebih maju dalam kehidupan dan akhirnya dapat mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Dedy Gerson Gultom adalah salah satu penerima beasiswa tersebut.

Dedy merupakan lulusan program beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food yang lulus pada 2012. Langsung mendapatkan pelatihan paska berkuliah di salah satu perkebunan milik Sinar Mas Agribusiness and Food di Riau, setelahnya itu ia bekerja sebagai Asisten Agronomi di Papua. Selama beberapa tahun terakhir, Dedy melangkah lebih maju dalam pekerjaannya, dan saat ini ia meniti karir sebagai Asisten Kepala Agronomi. Karena pekerjaan inilah ia mendapat banyak pengalaman di Riau dan Papua.

Menggapai mimpi
Dedy pertama kali mendengar tentang program beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food dari keluarganya, dan memutuskan untuk mencoba kesempatan itu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Saya punya mimpi agar dapat berkuliah dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Setelah berhasil melewati proses seleksi, saya akhirnya berangkat ke kampus dan lalu semuanya diurus oleh perusahaan”.

Pria 27 tahun ini mengaku, tantangan terbesar yang dihadapinya selama mengikuti program beasiswa yakni jadwal perkuliahan yang padat dan tugas-tugas yang harus selesai dalam waktu singkat. Waktu senggang pun ia gunakan untuk kegiatan pelatihan soft skill. Namun demikian, Dedy merasa hal ini sangat baik untuk melatih kedisiplinan agar nanti siap bekerja di lapangan.


“Waktu berlalu begitu cepat, karena bagi saya semua adalah proses belajar dan saat itu saya sangat bersemangat menjalaninya.”

Dedy masih ingat saat pertama kali bergabung di perkebunan Riau untuk magang, ia mendapatkan banyak informasi tentang pengenalan dan pengelolaan kebun serta langsung terjun ke lapangan.

“Masa magang berjalan lancar selama berbulan-bulan. Semua yang dilalui adalah proses belajar dan saya sangat bersemangat karena ada begitu banyak hal baru yang dipelajari. Otomatis apa yang saya pelajari sebagai mahasiswa saling terhubung satu sama lain dan dapat diterapkan saat magang”.

Pada masa tersebut, Dedy juga belajar tentang kehidupan, pola kerja, kedisplinan, serta praktik-praktik agronomi yang baik di perkebunan.

Meningkatkan hidup keluarga
Berasal dari latar belakang keluarga petani padi dan sayuran, Dedy yakin pendidikan yang didapatkan melalui beasiswa ini telah membantu menjembatani segala keterbatasan ekonomi dan impiannya. “Program beasiswa tentu memiliki arti besar bagi hidup saya. Saya adalah anak kedua dari lima bersaudara, dan setelah bekerja di Sinar Mas Agribusiness and Food, saya dapat membantu menyekolahkan adik-adik saya.”

Mengikuti acara adat di Papua bersama karyawan kebun di Rajawali Estate.
Mengikuti apel pagi di Rajawali Estate.

Saat ini Dedy bertanggung jawab untuk lebih dari 1.300 hektar lahan perkebunan kelapa sawit. Setiap pagi ia membuat perencanaan kerja bersama asisten perkebunan, memantau pekerja di lapangan, serta mengurus administrasi kebun. Hal yang Dedy sukai dari bekerja di perkebunan kelapa sawit adalah adanya keberagaman latar belakang sosial setiap orang. Menangani karyawan dari berbagai latar belakang dan daerah yang berbeda-beda membutuhkan pendekatan dan cara komunikasi yang berbeda pula. Hal ini diakui Dedy menjadi tantangan tersendiri namun sekaligus dapat mengasah kemampuan soft-skill dirinya. Ia merasa menjadi lebih dewasa dan bertanggung jawab berkat pekerjannya.

“Pesan saya untuk para calon penerima beasiswa, gunakanlah kesempatan luar biasa ini sebaik-baiknya. Bekerja keraslah dan belajar menerima serta menyerap ilmu sebanyak mungkin,” ungkap Dedy.

Untuk membantu para siswa terbaik dalam mendapatkan pendidikan berkualitas, Sinar Mas Agribusiness and Food menjalankan program beasiswa secara rutin setiap tahunnya. Melalui program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food, Dedy mampu meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga dan membiayai pendidikan adik-adiknya. Ingin mewujudkan mimpi Anda seperti Dedy? Temukan informasi lebih lanjut seputar beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food di sini

| | |