Newsroom

Press Releases

Tingkatkan Produktivitas, Koperasi Sawit Berkat Ridho Bermitra dengan Sinar Mas Agribusiness and Food untuk Peremajaan Kebun Sawit Masyarakat


Kampar, 27 Februari 2020 – Sinar Mas Agribusiness and Food melalui anak usahanya yang beroperasi di wilayah Riau, PT Ramajaya Pramukti (PT RP) & PT Buana Wira Lestari Mas (PT BWL) bekerja sama dengan Koperasi Sawit (Kopsa) Berkat Ridho Desa Kijang Makmur, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar menggelar kegiatan penumbangan perdana sebagai bagian dari Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tahun 2020. Program PSR Perusahaan melibatkan kebun kelapa sawit milik 219 petani swadaya dengan total lahan seluas 402 Hektar (Ha) yang tersebar di lima desa yaitu Desa Petapahan, Desa Pantai Cermin, Desa Kenantan, Desa Suka Mulya, dan Desa Sekijang.

Sebelum bekerjasama dengan Sinar Mas Agribusiness and Food, para petani mengelola kebun sawit secara swadaya. Produkitivitas yang dihasilkan dari kebun-kebun swadaya tersebut cukup rendah dan hanya mencapai 1-1,5 ton/Ha/bulan. Hal ini disebabkan dari penggunaan bibit yang tidak bersertifikat dengan kualitas yang kurang baik, perawatan yang tidak maksimal dan belum adanya penerapan praktik agronomi terbaik.

“Kami menyambut baik para petani swadaya yang mau bermitra dengan kami dalam program peremajaan sawit rakyat. Melalui kemitraan ini, petani akan mendapatkan akses untuk bibit berkualitas serta pengelolaan kebun terbaik dan tetap memperhatikan aspek-aspek pengelolaan yang berkelanjutan. Dengan demikian produktivitas diharapkan meningkat, pendapatan petani pun ikut meningkat dan kebun-kebun petani juga dapat disertifikasi,” jelas Franciscus Costan, CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau.

Ini merupakan pelaksanaan PSR tahap keempat sejak dilaksanakan di area Riau. Sebelumnya, pada 2015 perusahaan melakukan replanting di Tani Raya – Sekijang dengan luasan 90 Ha, pada 2016 dilanjutkan dengan replanting di Petapahan 1 seluas 101 Ha dan pada 2017, dilaksanakan replanting dengan luasan 158 Ha.

Kegiatan penumbangangan perdana PSR diawali dengan doa dan syukuran bersama bersama 60 perwakilan kelompok tani, perwakilan pemerintah dari lima desa terkait dan perwakilan dari Sinar Mas Agribusiness and Food. Turut hadir sebagai tamu undangan Dinas Perkebunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kampar, Perwakilan Muspika, dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya.

===Selesai===

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 495,274 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 September 2019. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 2,1 miliar per tanggal 30 September 2019. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Sinar Mas Agribusiness and Food fokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan Tandan Buah Segar (TBS); pengolahan TBS menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan juga beroperasi di Tiongkok dan India dengan memiliki pelabuhan, pabrik penghancur biji sawit, memproduksi berbagai produk minyak nabati olahan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi
Tim Media Sinar Mas Agribusiness and Food
Beni Wijaya | Beni.Wijaya@sinarmas-agri.com

| | |