menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food Gelar Pelatihan Bagi Puluhan UMKM Binaan Perusahaan di Sumatera dan Kalimantan

Posted: Aug 12, 2022 3 minute read SMART 235 views

Jakarta, 11 Agustus 2022 – Sinar Mas Agribusiness and Food menggelar LOKAKREASI (Lokakarya Peningkatan Skala Usaha Kriya dan Kuliner dampingan Sinar Mas Agribusiness and Food), program pelatihan pemberdayaan masyarakat bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dampingan Perusahaan yang kedua. Pembukaan LOKAKREASI pada hari Senin kemarin (8/8) dihadiri oleh 49 pelaku bisnis dari 26 UMKM di sektor kerajinan tangan (kriya) dan kuliner binaan Perusahaan dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riau, Jambi, dan Kalimantan Tengah.

Franciscus Costan, CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau menyampaikan: “Kami melihat pentingnya pelatihan LOKAKREASI bagi para pelaku UMKM binaan kami. Mereka memiliki potensi yang dapat dikembangkan lebih jauh. Kami berharap melalui pelatihan ini mereka memiliki pengetahuan untuk mengurus ijin usaha, meningkatkan kualitas produk, serta mengembangkan usaha mereka dengan memperluas jaringan dan akses pasar melalui kanal digital.”

lokakreasi
Pembukaan Program Pelatihan UMKM LOKAKREASI secara daring (8/8). Franciscus Costan, CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau membuka rangkaian kegiatan pelatihan ini dengan memotivasi rekan-rekan UMKM binaan Sinar Mas Agribusiness and Food untuk mengikuti dan mengimplementasikan keterampilan yang didapat untuk mengembangkan bisnis mereka

LOKAKREASI merupakan pelatihan peningkatan keterampilan para pelaku usaha yang membahas topik-topik penting diantaranya adalah manajemen rantai pasok, peningkatan kualitas UMKM, transformasi digital UMKM, serta aktivasi dan akses ke pasar yang lebih luas. Program pelatihan ini dibawakan dalam berbagai macam sesi, seperti studi kelayakan, talkshow, diskusi kelompok terpumpun (DKT), konsultasi usaha, serta pelatihan 12 modul dasar rantai pasok yang diantaranya literasi digital, literasi keuangan, akses pasar, perencanaan produksi dan aplikasi manajemen rantai pasok. Dalam pelaksanaannya Sinar Mas Agribusiness and Food menggandeng Krealogi sebuah ekosistem rantai pasok digital bagi para pelaku atau penggiat UMKM untuk mampu mengembangkan bisnisnya melalui peningkatan pengelolaan usaha secara digital. Pada program kolaborasi ini, Krealogi memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan peserta dalam pengelolaan dan pengembangan usaha sebagai pelaksana pelatihan.

Rangkaian program pelatihan berlangsung secara daring dari bulan Juni hingga November 2022. Tahapan awal dari kegiatan ini adalah studi kelayakan bisnis para peserta. Hal ini dilakukan untuk melihat bagaimana keadaan produksi, rantai pasok, kondisi keuangan, manajemen sumber daya manusia dan strategi pemasaran yang dilakukan peserta. Tahapan ini telah berlangsung di bulan Juni dan telah menghasilkan evaluasi yang akan menjadi bahan untuk menentukan strategi pendampingan yang dibutuhkan.

Lokakreasi 2
Para peserta LOKAKREASI yang bersemangat mengikuti rangkaian pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan dalam mengelola usaha mereka dengan lebih baik. Sebanyak 49 pelaku UMKM binaan Perusahaan ini tersebar di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Pada September 2021 hingga Februari 2022, Sinar Mas Agribusiness and Food mengadakan pelatihan peningkatan skala usaha bagi UMKM dampingan Perusahaan yang pertama.  Sebanyak 30 pelaku bisnis dari Provinsi Kalimantan Barat dan Riau telah selesai mengikuti pelatihan ini dengan baik. Sebanyak 90 persen dari peserta berhasil membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk tahapan produksi mereka sendiri. Dan diharapkan hal ini akan membantu para peserta memiliki konsistensi dari produk-produk mereka.

Fransciscus menambahkan, “Diperlukan pendampingan dan konsultasi secara intensif agar tujuan pelatihan ini dapat terlaksana dengan baik. Saya berharap bukan saja bisnis mereka berkembang, namun juga kesejahteraan para pelaku UMKM serta masyarakat sekitar yang ikut tergabung dalam kegiatan usaha tersebut.”

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Sinar Mas Agribusiness and Food dalam membantu masyarakat di sekitar area operasional Perusahaan untuk menjadikan masyarakat yang mandiri dan sejahtera melalui pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan keterampilan. 

 

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 536.907 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 31 Maret 2022. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Didirikan pada 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$2,9 miliar per 31 Maret 2022. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,56 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 1992.

Sebagai agrobisnis terintegrasi, Sinar Mas Agribusiness and Food menghadirkan rantai pasokan end-to-end yang efisien, mulai dari produksi yang bertanggung jawab hingga pengiriman global. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; pemurnian CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel dan oleokimia serta memperdagangkan produk kelapa sawit secara global. Produk Perusahaan dikirimkan ke pelanggan yang beragam ke sekitar 100 negara melalui jaringan distribusi globalnya dengan kemampuan pengiriman dan logistik, pemasaran, pemurnian di darat, dan operasi ex-tank di banyak negara. Perusahaan juga memiliki bisnis pelengkap seperti produk berbasis kedelai di China, produk berbasis bunga matahari di India, serta bisnis gula.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Tim Media:
Fransiska Renatta
([email protected])

Stay up-to-date with latest in traceability by subscribing to our monthly newsletter here.

fb twitter linkedin mail