menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food Bantu Akses Air dan Sanitasi bagi Warga Desa Sentabai, Kalimantan Barat

Posted: Aug 19, 2022 3 minute read SMART 216 views

Kalimantan Barat, 13 Agustus 2022 – Melalui program Sanitasi, Air Bersih, Aman dan Sehat (SAHABAT), Sinar Mas Agribusiness and Food telah menyelesaikan pembangunan sistem sanitasi, air mengalir serta pemasangan penyaringan air minum bagi 80 keluarga di Desa Sentabai. Hal ini memungkinkan masyarakat setempat untuk mengakses air bersih yang mengalir dengan lebih mudah dan cepat, mendapatkan manfaat dari sistem sanitasi yang lebih baik, serta akses air minum yang aman di area-area umum.

Static overlay
sambutan bapak benny

Bapak Benny Setiawan, Deputy CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food Wilayah Kalimantan Barat menyampaikan kata sambutan dalam acara serah terima unit-unit instalasi kepada masyarakat setempat yang berlangsung di Desa Sentabai, Kecamatan Silat Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Static overlay
Pelatihan SWG

Dua warga Desa Sentabai, Bapak Edi Gunawan [kiri] dan Bapak Natalis Yoga [kanan] yang telah menyelesaikan pelatihan tentang pembangunan instalasi Safe Water Garden (SWG), menerima sertifikat dari tim SWG secara simbolis, yang diwakilkan oleh Bapak Jaya [tengah], sebagai pengakuan atas kemampuan mereka untuk membangun sistem sanitasi Safe Water Garden dari tahapan pembangunan, kebutuhan peralatan serta mengatasi masalah bila ada kerusakan yang terjadi.

Static overlay
Peyerahan Simbolis

Bapak Benny Setiawan, Deputy CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food Wilayah Kalimantan Barat [kanan] menyerahkan secara simbolis instalasi air dan sanitasi kepada masyarakat di Dusun Jentu, Desa Sentabai, Kalimantan Barat, yang diterima oleh Bapak Yohanes Awing, Kepala Dusun Jentu [kiri].

Static overlay
Peyerahan Bibit

[kiri-kanan] Bapak Herman Teguh Wibowo, Regional Controller (RC) Sinar Mas Agribusiness and Food Wilayah Kalimantan Barat menyerahkan bibit tanaman kepada Ibu Minawati, Ibu Kepala Dusun Jentu, sebagai simbol harapan dan awal baru bagi masyarakat setempat karena dengan sanitasi dan akses air yang lebih baik, masyarakat setempat dapat menanam sayuran dan hal ini berdampak pada kehidupan, pendapatan, dan kesehatan mereka.

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow

Bersama dengan tim Safe Water Garden, sebagai tim pelaksana, sebanyak 30 unit sistem sanitasi, 20 unit instalasi air bersih dan 49 unit penyaringan air minum telah selesai dipasang dan diberikan kepada masyarakat Dusun Sentabai, Dusun Putat, Dusun Tekalong, dan Dusun Jentu, di Desa Sentabai, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Untuk menandai telah selesainya pembangunan instalasi tersebut, Sinar Mas Agribusiness and Food menggelar acara serah terima unit-unit instalasi kepada masyarakat setempat yang berlangsung di Desa Sentabai.

“Kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasional Perusahaan merupakan salah satu prioritas utama kami. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan keterlibatan dari berbagai pihak termasuk keterlibatan dari masyarakat. Dalam proses pembangunan sistem sanitasi Safe Water Garden, kami melakukan pelatihan kepada warga-warga setempat sehingga terjadi transfer pengetahuan. Dengan pengetahuan yang telah didapat warga diharapkan adanya proses replikasi pembangunan sistem sanitasi ini ke warga-warga lain yang membutuhkan,” ungkap Benny Setiawan, Deputy CEO PSM Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan seremoni serah terima program SAHABAT, dua warga Desa Sentabai mendapatkan sertifikasi dari tim Safe Water Garden yang memberikan pengakuan atas kemampuan mereka untuk membangun sistem sanitasi Safe Water Garden dari tahapan pembangunan, kebutuhan peralatan serta mengatasi masalah bila ada kerusakan yang terjadi.

Yohanes Awing, Kepala Dusun Jentu, Desa Sentabai, Kalimantan Barat, mengungkapkan bahwa inisiatif ini sangat membantu masyarakat desa dalam upaya mendapatkan kemudahan akses air bersih dan sanitasi yang lebih baik di rumah. “Saya berharap kebiasaan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) masyarakat juga dapat berubah menjadi lebih baik,” kata Yonanes.

Sopiah, warga Dusun Jentu, Desa Sentabai, Kalimantan Barat, mengatakan, “Masyarakat kami bersyukur memiliki akses air bersih. Sebelumnya, kami harus ke sungai untuk mendapatkan air bersih yang mengalir, yang semakin sulit saat musim kemarau. Sekarang kami dapat mengakses air bersih dengan lebih mudah dan cepat.“

Mengurangi Risiko Stunting
Akses pada air bersih dan sanitasi di kawasan pedesaan Indonesia memang masih menjadi tantangan. Di Kalimantan Barat, menurut data Badan Pusat Statistik, kurang dari 80 persen penduduk memiliki akses terhadap layanan sumber air minum yang layak. Kondisi ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi asupan gizi anak, yang menyebabkan anak sering sakit dan tidak dapat menyerap asupan nutrisi dengan optimal. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan gizi kronis pada anak atau sering disebut dengan stunting.

Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang mengalami prevalensi stunting yang tinggi di Indonesia di angka 29,8%, di mana rata-rata nasional di 24%. Saat ini, pemerintah Kalimantan Barat memiliki target untuk dapat menurukan angka tersebut menjadi 17% di 2024.  Sinar Mas Agribusiness and Food melalui program pemberdayaan masyarakat yang telah berjalan, diharapkan dapat ikut mendukung upaya pemerintah untuk menurunkan angka stunting.

Selain program SAHABAT di Kalimantan Barat, sejak 2018 Sinar Mas Agribusiness and Food bersama dengan para relawan organisasi kemanusiaan Tzu Chi Sinar Mas, secara aktif melakukan berbagai kegiatan untuk dapat mengurangi kasus stunting. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah dengan peningkatan kesehatan ibu dan anak melalui ketahanan pangan dengan menyediakan peralatan bercocok tanam dan mendorong para ibu menanam sayuran di perkarangan rumah, sanitasi dengan membangun fasilitas MCK dan akses terhadap air bersih.

“Kami berharap melalui program-program yang sudah terlaksana ataupun masih berjalan, kami dapat membantu masyarakat untuk menjadi lebih sehat dan sejahtera. Akses air bersih dan sanitasi yang baik merupakan kunci dalam membangun ketahanan masyarakat,” pungkas Benny.

===SELESAI===

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 499,770 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 September 2020. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 1,3 miliar per tanggal 30 September 2020. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Sinar Mas Agribusiness and Food fokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan Tandan Buah Segar (TBS); pengolahan TBS menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan juga beroperasi di Tiongkok dan India dengan memiliki pelabuhan, pabrik penghancur biji sawit, memproduksi berbagai produk minyak nabati olahan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Tim Media:
Fransiska Renatta
(Fransiska.renatta@sinarmas-agri.com)

Stay up-to-date with latest in traceability by subscribing to our monthly newsletter here.

fb twitter linkedin mail