menu bar
close-grey

Mengolah Makanan Lezat Tanpa Harus Takut dengan Lemak Jahat

Posted: Oct 17, 2018 3 minute read SMART 204 views

Jakarta, 17 Oktober 2018 – Sinar Mas Agribusiness and Food, produsen global kelapa sawit dan produk turunannnya yang terintegrasi dari hulu sampai dengan hilir, kembali mengadakan kegiatan edukasi dan kampanye makanan lezat dan bernutrisi. Kegiatan yang berlokasi di Global Research and Development Centre Sinar Mas Agribusiness and Food, Marunda, Bekasi mengambil judul “Belajar dari Ahlinya: Aplikasi Produksi Minyak Kelapa Sawit Sehat dan Bernutrisi”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai asosiasi makanan di Indonesia seperti Indonesia Pastry Alliance, UKM GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia) serta para pemilik dan para chef-chef dari gerai-gerai bakery ternama di Indonesia.

Dalam kegiatan edukasi ini, Sinar Mas Agribusiness and Food menghadirkan pembicara-pembicara ahli dari perusahaan maupun dari luar untuk memberikan informasi yang tepat dan jelas mengenai produk turunan kelapa sawit dan aplikasinya. Hadir dalam acara ini, yaitu dr. Marya Haryono selaku ahli gizi, Chef Nina Bertha, Dr. Paul Wassell selaku Head of Global R&D Innovation dan Dr. Isti Christianti, R&D Catergory Head. “Lemak kerap kali dipandang sebagai penyebab dari penyakit jantung koroner sehingga dianggap sebagai sesuatu yang jahat. Namun nyatanya lemak memiliki fungsi sebagai sumber energi, menjaga struktur sel, regulasi hormon dan juga untuk menjaga suhu tubuh dan melindungi organ penting. Lemak yang seringkali identik dengan penyakit jantung koroner adalah lemak trans (trans fat),” jelas dr. Marya Haryono.

Dr. Paul Wassell, Head of Global R&D Innovation menjelaskan, “Sejak 2016, kami telah menyempurnakan proses produksi kami dan mengembangkan formula baru untuk menghindari lemak trans. Melalui teknologi yang ada, kami dapat menghadirkan produk bebas lemak trans yang lebih sehat untuk konsumen dan keluarga Indonesia.”

Seruan yang serupa juga muncul dari Organisasi Kesehatan Dunia/ World Health Organization (WHO) yang pada tahun 2018 mendengungkan kampanye REPLACE. Menurut data yang dilansir oleh WHO, telah terjadi 500,000 kematian di dunia setiap tahunnya akibat penyakit jantung koroner dengan sebab utama konsumsi berlebihan makanan yang mengandung lemak trans. Oleh karena itu, WHO dengan gencar menyuarakan penghapusan trans-fat sebagai hasil produksi industri dari pasokan pangan global pada tahun 2023.

“Produk-produk dari Sinar Mas Agribusiness and Food seperti Filma Cooking Oil, Filma Good Fry dan Palmboom Margarine merupakan produk yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun demikian, kami tidak berhenti untuk berinovasi untuk memberikan pembaharuan maupun peningkatan formula bagi produk-produk kami. Sejak tahun 2016, kami mulai memperbaharui produk-produk kami agar lebih sehat dan saat ini, semua produk produksi baru kami sudah bebas lemak trans,” jelas Davy Djohan, GM Marketing Sinar Mas Agribusines and Food.

Rangkaian kegiatan edukasi ini diisi dengan seminar singkat dari berbagai pembicara, plant tour untuk melihat proses produksi dan teknologi yang digunakan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food dalam mengolah produk-produk unggulannya, serta para perserta diajak untuk melakukan blind test untuk merasakan langsung olahan makanan yang menggunakan produk Filma Prestige yang memiliki rasa yang sama dengan olahan makanan yang menggunakan butter namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Kegiatan edukasi tersebut ditutup dengan Baking Demo dari Celebrity Chef – Nina Bertha yang berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai berbagai aplikasi produk turunan kelapa sawit. Salah satunya dengan demo baking pembuatan Swiss Meringue Buttercream dengan menggunakan produk Palmboom Margarine sebagai pengganti butter namun tetap dengan tekstur kelembutan dan kelezatan yang tidak kalah enaknya.

Chef Nina Bertha menjelaskan bahwa produk olahan makanan selain harus diperhatikan dari sisi penampilan juga harus memiliki nutrisi yang baik. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh harus dapat memberikan kebaikan. “Kandungan lemak-trans pada makanan harus kita hilangkan. Tentunya kita tidak ingin memberikan makanan yang tidak baik untuk orang-orang tercinta. Filma dan Palmboom adalah pilihan yang sangat baik”, jelas Nina.

—–Selesai—–

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 500.345 hektar (termasuk kebun milik petani swadaya) per tanggal 31 Maret 2018. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Sinar Mas Agribusiness and Food fokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan juga beroperasi di Tiongkok dan India dengan memiliki pelabuhan, pabrik penghancur biji sawit, memproduksi berbagai produk minyak nabati olahan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 3,4 miliar per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi
Tim Media Sinar Mas Agribusiness and Food
Beni Wijaya
[email protected] | +62 815 134 13309

Stay up-to-date with latest in traceability by subscribing to our monthly newsletter here.

fb twitter linkedin mail