menu bar
close-grey

Dukung Pendidikan Kuliner dan Pariwisata, Sinar Mas Agribusiness and Food Jalin Kerjasama dengan AKPINDO

Posted: Jan 08, 2018 3 minute read SMART 153 views

JAKARTA, 8 Januari 2018 – Sinar Mas Agribusiness and Food, melalui entitas usahanya PT SMART Tbk menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Akademi Pariwisata Indonesia (AKPINDO) untuk memajukan pendidikan kuliner sekaligus mendukung perkembangan sektor pariwisata di Indonesia. Kerjasama itu diimplementasikan dengan program pemberian dukungan edukasi dan pengetahuan serta bahan pendukung perkuliahan bagi mahasiswa di akademi tersebut.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Muhamad Arsyad, S.Sos, MM, selaku Direktur AKPINDO, dan Narayana Kusuma Widjaja, Head of Indonesia Industrial and Export Sinar Mas Agribusiness and Food, di Kampus AKPINDO, Senin (8/1). “Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan wawasan menyeluruh baik dari proses produksi produk olahan minyak sawit, ragam jenis produk olahan dan cara pengaplikasian yang benar,” jelas Narayana.

Menurut beliau, dalam program kerjasama ini, Sinar Mas Agribusiness and Food akan memberikan (memasok) produk-produk olahan minyak sawit berkualitas tinggi perusahaan dengan merek FILMA, Palmboom, I-Soc untuk mendukung mata kuliah Pastry, International Bakery, dan Cake Decoration.

Selain itu, para mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi pusat riset perusahaan, “Para mahasiswa dapat mengunjungi SMART Global Research and Development Center yang berlokasi di Marunda dimana kami melakukan penelitian dan pengembangan produk. Salah satunya adalah pembaharuan formula terhadap produk- produk kami dengan menghilangkan lemak trans (trans-fat free) tanpa mengorbankan mutu produk,” paparnya.

Narayana menambahkan perusahaan melihat pentingnya bentuk kerjasama dengan institusi pendidikan, sehingga informasi yang benar, tepat, dan menyeluruh dapat diberikan kepada para cikal bakal pengguna dan pengolah bahan-bahan kelapa sawit, di tengah maraknya berita-berita negatif dari luar negeri mengenai kelapa sawit Indonesia. Diharapkan informasi dan edukasi yang diberikan dapat membantu para mahasiswa untuk menampik berita-berita negatif tersebut dan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap penggunaan produk-produk lokal dengan kualitas internasional.

“Di sisi lain, para mahasiswa yang akan bekerja di dalam atau luar negeri diharapkan mendapatkan pemahaman yang baik, sehingga menjadi duta bangsa yang dapat memberikan pemahaman yang benar mengenai kelapa sawit Indonesia,” ucapnya.

Narayana menerangkan kerjasama di bidang pendidikan kuliner dengan APKINDO ini merupakan yang ketiga dengan sekolah/akademi pariwisata/kuliner, setelah pada tahun sebelumnya SMART melakukan kerjasama dengan Akademi Pariwisata Majapahit (Surabaya) pada Maret 2017 dan Bali Culinary Pastry School (Bali) pada April 2017.

Sementara itu, Muhamad Arsyad, S.Sos, MM, Direktur AKPINDO, menyambut baik dan mengapresiasi adanya kerjasama antara AKPINDO dengan Perusahaan. Menurut dia, pemberian bahan pendukung perkuliahan dari Sinar Mas Agribusiness and Food akan membantu siswa didik AKPINDO sekaligus menjadi bahan edukasi tentang keunggulan produk Indonesia, terutama produk Sinar Mas Agribusiness and Food. “Para dosen dan siswa juga akan senang diberi kesempatan untuk berkunjung ke SMART Global Research and Development Center dan berbagi ilmu pengetahuan dengan para chef yang ada di perusahaan,” ucapnya.

Arsyad menambahkan ilmu pengetahuan dan product knowledge itu akan menjadi bekal yang cukup berharga bagi sekitar 800 siswa diploma 3 dan 100 siswa diploma 1 di AKPINDO. Terlebih lagi, saat para siswa menjalani on the job training di hotel-hotel bintang lima di Jakarta. APKINDO sudah menjalin kerjasama dengan seluruh hotel bintang lima di Jakarta, seperti JW Marriot, Ritz Charlton, Grand Hyatt, Four Season, dan Raffles. “Bekal product knowlegde dan pengetahuan ini akan menjadi tambahan ilmu saat para siswa berada di dunia kerja,” paparnya. (*)

– Selesai –

 

CATATAN:
Trans Fat atau lemak trans seringkali disandingkan dengan penyebab cholesterol. Kini dengan formula terbarunya, perusahaan dapat menghasilkan produk-produk hasil olahan yang lebih sehat lagi.

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 486.000 hektar (termasuk kebun milik petani swadaya) per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Sinar Mas Agribusiness and Food fokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan juga beroperasi di Tiongkok dan India dengan memiliki pelabuhan, pabrik penghancur biji sawit, memproduksi berbagai produk minyak nabati olahan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 3,4 miliar per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Untuk informasi korporasi, kunjungi: www.smart-tbk.com | info komersial, kunjungi: www.smartpluspro.com/

Untuk pertanyaan media lebih lanjut:
Wulan Suling
Head of Media & Event
wulan.suling@sinarmas-agri.com

Stay up-to-date with latest in traceability by subscribing to our monthly newsletter here.

fb twitter linkedin mail