Newsroom

Lingkungan Hidup

Cara kerjanya: Melepasliarkan orangutan ke habitat alaminya


Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orangutan dikembalikan ke habitat alaminya di alam liar? Merehabilitasi dan mengembalikan orangutan ke habitat aslinya merupakan sebuah proses yang rumit dan kompleks.

Hewan yang diambil dari habitat aslinya – entah ditangkap warga setempat, terluka, atau bahkan terpisah dari/kehilangan induknya – perlu mendapatkan bantuan agar mengingat apa yang semestinya dapat mereka lakukan secara alami seperti bagaimana mencari makan dan cara menjaga diri di hutan. Hewan juga harus dalam kondisi kesehatan yang baik sebelum dilepasliarkan agar dapat bertahan hidup.

Kegiatan pelepasliaran itu sendiri melibatkan banyak langkah, perjalanan panjang dan serangkaian protokol guna memastikan keselamatan dan kondisi terbaik orangutan. Perusahaan telah merehabilitasi dan melepasliarkan banyak orangutan kembali ke habitat alaminya melalui kerja sama dengan Orangutan Foundation International (OFI). Pada bulan Desember 2019, SMART kembali melepasliarkan enam ekor orangutan di Kalimantan Tengah – empat individu di Taman Nasional Tanjung Puting dan dua individu di Seluang Mas. Kami mendokumentasikan prosesnya sehingga Anda dapat mengetahui cara kerjanya di sini:

Hingga saat ini, SMART telah menjalin kerja sama dengan OFI dalam pelepasliaran 118 ekor orangutan. Untuk mempelajari lebih lanjut kemitraan bersama mereka, silakan klik tautan ini.

Unduh linimasa pekerjaan yang dilakukan Perusahaan dalam membantu orangutan di sini.

| | |