menu bar
close-grey

EBITDA PT SMART Tbk tumbuh sebesar 56 persen di tahun 2022

Posted: Jun 06, 2023 2 minute read SMART 858 views

Strategi Perseroan yang berfokus pada produksi dan penjualan produk bernilai tambah tinggi turut mendorong peningkatan penjualan bersih sebesar 32 persen

 

Jakarta, 6 Juni 2023 – PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (”SMART” atau ”Perseroan”) mencapai rekor kinerja keuangan di tahun 2022. Penjualan bersih Perseroan tumbuh signifikan sebesar 32 persen mencapai lebih dari Rp 75 triliun. Hal ini disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2022 (RUPST) di Gedung Sinar Mas Plaza, Jakarta hari ini.

Pencapaian rekor kinerja keuangan tahun 2022 didukung menguatnya harga pasar minyak kelapa sawit diiringi peningkatan volume penjualan produk kelapa sawit. Strategi Perseroan yang berfokus pada produksi dan penjualan produk bernilai tambah tinggi mendukung pencapaian EBITDA sebesar Rp 9,53 triliun, naik 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Perseroan juga membukukan laba bersih sebesar Rp 5,50 triliun, meningkat 95 persen dari tahun 2021.

Sehubungan dengan kinerja Perseroan yang baik ini, Wakil Direktur Utama sekaligus Corporate Secretary Perseroan, Bapak Jimmy Pramono menyampaikan: ”Kami bersyukur bahwa tahun 2022 menjadi tahun dengan kinerja yang memuaskan SMART di tengah kondisi pasar yang bergejolak. Manajemen beraspirasi membangun keunggulan kompetitif sebagai perusahaan berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan berkemampuan digital. Kekuatan di seluruh lini bisnis akan menempatkan Perseroan pada posisi yang strategis untuk berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan energi dunia dengan cara yang lestari.”

Selanjutnya, pemegang saham Perseroan menyetujui untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp 570,- per saham atau sejumlah Rp 1,64 triliun, berkisar 30 persen dari laba bersih Perseroan tahun 2022. Setelah memperhitungkan dividen interim sebesar Rp 200,- per saham yang telah dibayarkan pada tanggal 24 Agustus 2022, maka sisa dividen final yang akan dibayarkan adalah sebesar Rp 370,- per saham atau sejumlah Rp 1,06 triliun.

Dalam RUPST pemegang saham SMART menyetujui dan mensahkan Laporan Tahunan Perseroan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.

~ selesai ~

Tentang PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (“SMART”)
SMART adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terkemuka di Indonesia dengan pengelolaan perkebunan seluas 136.400 hektar (termasuk perkebunan plasma) per 31 Maret 2023. Perusahaan memiliki operasi yang terintegrasi yang berfokus pada produksi yang bertanggung jawab dan berbasis teknologi.

Didirikan pada tahun 1962, SMART tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992. SMART berfokus pada produksi minyak sawit yang berkelanjutan. Kegiatan usaha utama mencakup pembudidayaan dan pemanenan tanaman kelapa sawit, pemrosesan tandan buah segar menjadi minyak kelapa sawit mentah dan inti sawit, hingga memprosesnya menjadi beragam produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel, dan oleokimia, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia.

Selain memproduksi minyak curah dan industrial, produk rafinasi SMART juga dipasarkan dengan beberapa merek seperti Filma dan Kunci Mas, yang diakui kualitasnya di Indonesia.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Tim Media Sinar Mas Agribusiness and Food

Annisa Indrayanti
[email protected] | +62 812 830 8887

Adam Rahadian Ashari
[email protected] | +62 823 1326 3957

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail