Ruang Berita

Petani Swadaya

Desa Makmur Peduli Api: Program nihil bakar yang menghasilkan panen di Kalimantan


Metode membuka lahan dengan cara membakar masih marak digunakan oleh sebagian petani dan individu di berbagai tempat di Kalimantan. Untuk mengurangi jumlah dan intensitas kebakaran di wilayah kami beroperasi, Sinar Mas Agribusiness and Food telah melaksanakan program nihil bakar sejak Januari 2016.

Sebelumnya dikenal dengan nama Desa Siaga Api, pada awal tahun 2017 program ini diperluas cakupannya tidak hanya pencegahan dan penanggulangan kebakaran, namun juga termasuk konservasi dan ketahanan pangan. Program yang kini dikenal dengan nama Desa Makmur Peduli Api ini bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk memberikan bantuan serta edukasi bagi masyarakat desa dan kelompok masyarakat adat yang tinggal di daerah rawan kebakaran dalam meminimalisir insiden kebakaran hutan dan kabut asap. Sebanyak delapan desa di Ketapang, Kalimantan Barat dan sembilan desa di Jambi telah mendapatkan manfaat dari program ini.

Simak beberapa hal penting bagaimana program Desa Makmur Peduli Api memberikan pengaruh pada delapan desa di Ketapang, Kalimantan Barat hingga saat ini.

Kami juga percaya bahwa perempuan merupakan agen perubahan yang kuat dalam keluarga dan masyarakat setempat serta memiliki peran penting dalam mendidik orang-orang di sekitarnya untuk mencegah kebakaran hutan. Baca lebih lanjut tentang keterlibatan kami dengan mereka di sini.

| | |