Ruang Berita

Studi Kasus

Bantu pemasok kami perkuat praktik konservasi hutan di Papua


Pada Juni 2015, Greenomics Indonesia, sebuah lembaga pengembangan kebijakan, melaporkan bahwa anak perusahaan dari pemasok GAR terlibat dalam pembukaan hutan dengan Stok Karbon Tinggi (SKT)/ High Carbon Stock (HCS) di Papua. Greenomics menyatakanbahwa perusahaan terkemuka seperti GAR, Cargill dan Wilmar terus mendapatkan sumbernya dari perusahaan induk, PT Eagle High Plantations Tbk. (Eagle High) serta deforestasi hutan dilakukan oleh anak perusahaannya yakni PT. Varia Mitra Andalan (VMA) di Papua.

GAR tidak membeli minyak kelapa sawit yang diproduksi oleh pemasok pihak ketiga di Papua. Meskipun demikian, kami mengintensifkan keterlibatankami dengan Eagle High sebagai perusahaan induk untuk memastikan bahwa seluruh kelompok perusahaannya bekerja untuk memenuhi kebijakan keberlanjutan kami.

Proses Keterlibatan Intensif GAR

Aksi

Dalam pertemuan dengan manajemen senior Eagle High, kami menjelaskan komitmen keberlanjutan GAR yang mencakup perlindungan Hutan SKT.

Setelah mengerjakan Pendekatan SKT bersama dengan The Forest Trust dan Greenpeace, kami dapat memenuhi syarat untuk menjelaskan dan mengklarifikasi konsep tersebut kepada Eagle High. SKT adalah metodologi ilmiah yang membedakan kawasan hutan yang memiliki lebih banyak cadangan karbon dari lahan terdegradasi. Yang terakhir ini merupakan pengembangan, sementara yang pertama diperuntukkan bagi konservasi.

Menjelaskan Pendekatan SKT kepada Eagle High

Sebagai anggota RSPO, Eagle High sudah berkomitmen terhadap praktik lingkungan dan sosial yang disyaratkan oleh RSPO. Dalam diskusi, kami menyoroti bahwa mereka sekarang memiliki kesempatan untuk membangun dan memperkuat praktik ini dengan menerapkan Pendekatan SKT dan melakukan penilaian SKT di samping penilaian Nilai Konservasi Tinggi (High Conservation Value/HCV) dan Studi Dampak Sosial dan Lingkungan.

Selanjutnya, Eagle High mengumumkan bahwa mereka menghentikan pembukaan lahan di VMA dan melakukan penilaian SKT terlebih dahulu. Adopsi Pendekatan SKT adalah langkah yang sepenuhnya bersifat sukarela dan tidak dilakukan oleh banyak perusahaan kelapa sawit berukuran kecil dan menengah karena hal ini memerlukan biaya tambahan.

Dalam bulan-bulan berikutnya, GAR terus memberikan dukungan kepada tim manajemen dan tim keberlanjutan Eagle High.

Chronology of Deep Engagement Process with Eagle High

Pada 2016, Eagle High mengumumkan kebijakan keberlanjutan yang baru di mana mereka berkomitmen untuk melakukan penelitian SKT, NKT dan SEIA sebelum pengembangan baru.

Kemudian Eagle High dapat segera menyampaikan hasil awal dari studi SKT di Papua bersama kami, yang menjadi satu dari sedikit perusahaan yang mengajukan studinya ke Komite Pengarah Pendekatan SKT (HCS Approach Steering Committee) untuk evaluasi. Sebagai komitmen untuk memperkuat kebijakan konservasi hutan mereka, Eagle High menghadiri pertemuan Pendekatan HCSdi Singapura untuk pertama kalinya guna mempelajari lebih lanjut tentang pendekatan tersebut dan bagaimana menerapkannya.

Komitmen GAR dalam membantu pemasoknya menjadi faktor penting untuk membantu kami menerapkan standar keberlanjutan yang lebih tinggi. Setelah kami mengambil beberapa langkah awal untuk konservasi hutan, kami mendapatkan manfaat dari dukungan dan bimbingan GAR. Hal ini sangat membantu bagaimana perusahaan seperti GAR menangani isu-isu seperti konservasi hutan dan untungnya kami dapat memanfaatkan pengetahuan mereka mengenai hal tersebut.
Sebastian Sharp, Head of Investor Relation and Sustainability,
Eagle High Plantations

Hasil

Saat ini, Eagle High telah menerapkan komitmen keberlanjutan di tingkatgrup sesuai dengan Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG). Kami terus bekerja sama dengan mereka danmemberikan mereka pelatihan lebih lanjut tentang produksi kelapa sawit yang bertanggung jawab.

GAR percaya bahwa perlindungan lingkungan dan pertumbuhan ekonomi dapat berjalan secara bersamaan. Untuk mencapai hal ini di dalam industri kelapa sawit, kami mengajak rantai pasok kami bersama-sama dalam perjalanan keberlanjutan melaluiketerlibatan, kolaborasi dan kerjasama. Meskipun kami memiliki hak untuk mengecualikan pemasok yang benar-benar tidak melaksanakan komitmen kami tentang kelapa sawit yang bertanggung jawab, berdasarkan  pengalaman kami berdialog adalah cara yang paling efektif untuk membantu pemasok kami memulai atau memperkuat praktik keberlanjutan mereka sendiri. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kami mendukung keberlanjutan pemasok, silahkan kunjungi www.goldenagri.com.sg dan Dasbor Keberlanjutan kami.

| | |