Ruang Berita

Blog

Cara kerja: Nihil limbah dalam produksi minyak kelapa sawit


Sebagai sektor yang berkontribusi paling besar terhadap perekonomian Indonesia, industri kelapa sawit harus dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Pengelolaan nihil limbah atau zero waste management adalah konsep yang tengah digalakkan dalam rangka mendorong para pelaku industri di tanah air menjalankan usahanya secara lebih bertanggung jawab.

Sesuai Kebijakan Nihil Limbah (Zero Waste Policy), Sinar Mas Agribusiness and Food berupaya untuk memakai kembali, memperoleh kembali, dan mendaur ulang kembali (reuse, recover and recycle) limbah produksinya. Sejak tahun 2015, perusahan telah berhasil mewujudkan daur ulang limbah dari proses produksi minyak sawit mentah (CPO) di unit operasional hulu hingga 100%. Limbah tersebut mencakup limbah padat maupun cair. Limbah padat terdiri atas janjang kosong kelapa sawit, serat, dan cangkang buah. Sementara itu, limbah cair kelapa sawit (LCKS) dihasilkan dari proses pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi CPO. Perusahaan kemudian memanfaatkan kedua jenis limbah ini sebagai pupuk organik dan bahan bakar.

Simak bagaimana perusahaan mendaur ulang limbah dalam setiap tahapan proses produksi CPO dalam grafik ini:

Sejak 2007, Sinar Mas Agribusiness and Food berpartisipasi dalam inisiatif pelaporan pelestarian lingkungan tingkat nasional Kementerian Lingkungan Hidup melalui program yang dikenal dengan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER). Sistem penilaian dalam program ini adalah menggunakan kode warna untuk menentukan peringkat kinerja dalam pengendalian tingkat pencemaran air dan udara, pengelolaan limbah berbahaya, dan dampak terhadap lingkungan hidup. PROPER juga mempertimbangkan indikator lain termasuk dampak program pembangunan masyarakat yang dilaksanakan perusahaan; perkembangan dalam upaya konservasi keanekaragaman hayati; efisiensi pengelolaan air; serta inovasi dalam menurunkan emisi, pengelolaan limbah, dan penghematan energi. Dalam penilaian PROPER pada 2017, 24 pabrik kelapa sawit (PKS) Sinar Mas Agribusiness and Food telah mendapatkan warna biru sedangkan 6 lainnya mendapatkan warna hijau. Untuk memastikan agar perusahaan senantiasa sejalan dan mematuhi persyaratan PROPER, perusahaan juga melaksanakan audit internal dan berbagai pelatihan di PKS-nya.

Tahukah Anda semua TBS yang dipanen di perkebunan perusahaan langsung dikirim ke PKS dalam waktu 24 jam? Simak selengkapnya di sini.

| | |