Ruang Berita

Tokoh

Bersiap menyambut tatanan hidup baru


Orang-orang memakai masker, kantor-kantor hanya terisi separuh, dan banyak makanan dibungkus untuk dibawa pulang. Seperti itulah penampakan kehidupan normal sekarang, memasuki bulan kedelapan 2020 yang diwarnai pandemi COVID-19. Pandemi ini bukan lagi hal baru, namun frustrasi yang saya rasakan seakan tidak juga hilang. Ada beberapa pergolakan yang saya alami, yang terbesar adalah ditundanya acara pernikahan saya.

Sama seperti saya, banyak dari kita telah menghadapi perubahan dan beradaptasi dengan tatanan hidup seperti ini. Akan tetapi, masih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan kita tidak hanya melakukan perbaikan jangka pendek pada hal yang kita anggap sebagai situasi yang bersifat sementara. Kita perlu melihatnya dengan pandangan jangka panjang dan mengganti kerangka berpikir jika diperlukan.

Mengalihkan fokus dari kerja lapangan ke kolaborasi seluruh unsur dalam industri
Satu perubahan besar bagi kalangan bisnis adalah dihentikannya perjalanan dinas yang tiba-tiba dan hampir secara menyeluruh. Hal ini telah memengaruhi sejumlah besar kegiatan Perusahaan di lapangan guna menjangkau pemasok, masyarakat, dan petani kelapa sawit secara langsung. Banyak di antaranya berada di daerah terpencil.

Untuk memastikan roda transformasi pemasok tetap berputar, kami mengalihkan beberapa upaya kerja lapangan khusus Perusahaan dalam bentuk kolaborasi yang melibatkan seluruh komponen industri, melalui kerja sama dengan konsumen dan LSM untuk meningkatkan kinerja keberlanjutan pemasok pihak ketiga.

Berikut dua contoh spesifik:

Menguji coba upaya melibatkan kembali pemasok yang sebelumnya ditangguhkan – Perlu ada cara yang kredibel dan sistematis untuk merangkul kembali pemasok yang sebelumnya tidak memenuhi komitmen Tanpa Deforestasi, Tanpa Pembangunan di Lahan Gambut, dan Tanpa Eksploitasi (No Deforestation, No Peat and No Exploitation atau “NDPE”) ke dalam rantai pasok. Kami sedang menguji prosedur keterlibatan kembali peran pemasok bersama Mighty Earth untuk melibatkan dan memandu pemasok yang tidak patuh guna menuju peningkatan kinerja dan integrasi kembali dalam rantai pasok Perusahaan. Tim Rantai Pasok kami memberikan konsultasi mengenai kebijakan yang harus diterapkan dan dikomunikasikan oleh pemasok. Mighty Earth menilai kinerja pemasok melalui gambar dari citra satelit. Idenya adalah mengembangkan prosedur yang dapat diterapkan oleh pembeli minyak sawit lainnya.

Pelaporan NDPE – Selama ini industri sawit selalu menemui tantangan dalam melaporkan kinerja keberlanjutan rantai pasoknya yang sangat panjang, memiliki terlalu banyak fragmentasi, dan demikian kompleks. Dengan dukungan Pepsico dan Cargill, Proforest mengusulkan kerangka kerja pelaporan implementasi NDPE. Perusahaan dan produsen hulu lainnya sedang menguji coba kerangka kerja tersebut. Gagasan yang melandasinya adalah membakukan pelaporan, serta memfasilitasi pertukaran data antara pelaku hulu dan hilir sehingga semua dapat memantau dan melaporkan berdasarkan kerangka kerja yang sama.

Panggilan video melalui platform Zoom dan webinar telah menjadi bagian rutin dalam pekerjaan.

Menyesuaikan harapan
Perubahan fokus operasional ini menuntut perubahan serupa terhadap ekspektasi. Tahun 2020 seharusnya menjadi tahun penting untuk target iklim, tetapi dampak COVID-19 cenderung memengaruhi kemampuan negara dan perusahaan untuk memenuhi sebagian target tersebut.

Bagi kami kerja lapangan adalah komponen yang cukup besar dalam transformasi keberlanjutan, sehingga dengan pembatasan akses, hal tersebut menjadi lebih menantang. Bilamana memungkinkan, tim kami telah menemukan cara yang dapat diterapkan guna melibatkan peran pemangku kepentingan secara virtual, misalnya, dengan memanfaatkan teknologi seperti Zoom atau Skype untuk kunjungan pemasok jarak jauh, dengan hasil yang sungguh di luar dugaan.

Keterlibatan peran masyarakat hanya mungkin jika ada orang yang tinggal dan menjadi bagian dari komunitas tersebut. Hal tersebut menjadi perhatian kami, terutama di musim kemarau seperti saat ini. Namun, hal itu tidak menandakan berkurangnya upaya penegakan keselamatan dan tindakan pencegahan kebakaran di pihak kami. Sama seperti ketika Anda kehilangan salah satu indra, kemampuan indra yang lain pun meningkat – kami juga mengalami peningkatan di bidang di mana kami BISA berbuat lebih, seperti kelas virtual bagi pendidik, meningkatkan kesadaran di kalangan generasi muda melalui metode baru dalam pengajaran dan sosialisasi, serta mekanisme respons yang lebih cepat.

Kami berharap dapat kembali melakukan pekerjaan lapangan dalam waktu dekat. Foto diambil sebelum COVID-19.

 Segalanya tidak akan kembali seperti semula
Kendati kami semua berharap dapat segera kembali melakukan pekerjaan di lapangan dan pendekatan jarak jauh dalam pekerjaan pun berkurang, kami harus menerima dan menyesuaikan diri dengan kenyataan bahwa segala sesuatu tidak akan pernah kembali ke keadaan semula seperti sebelum pandemi.

Kami harus memanfaatkan inovasi yang bersumber dari bekerja dari jarak jauh dan terus membenahinya. Dengan efisiensi lebih besar dalam penggunaan alat pengolah data dan teknologi, kami dapat menawarkan lebih banyak sesi pembelajaran dan melakukan kunjungan virtual bagi lebih banyak pemasok. Demikian pula, efisiensi dalam pelaporan dan audit sertifikasi online membuka peluang terciptanya nilai lebih besar di kalangan karyawan yang sebelumnya menghabiskan banyak waktu dengan dokumen manual.

Lalu, bagaimana dengan saya? Saya berharap jadwal pernikahan baru saya pada Januari 2021 berjalan sesuai rencana. Akan tetapi, satu hal yang pasti, saya tidak akan berharap dapat berbulan madu ke Austria.

Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai hasil kerja kami selama pandemi COVID-19.

| | |