Keberlanjutan

Panduan bagi pemasok

Kami bertanggung jawab untuk terus meningkatkan standar dan memperbaiki kinerja dalam sektor penting Indonesia ini.

GAR ingin menjalin kerja sama dengan Anda agar lebih memahami bantuan apa yang Anda butuhkan dari kami dalam menerapkan praktik-praktik berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Para pelanggan, pemegang saham, pemangku kepentingan, dan media massa semakin menunjukkan ketertarikan mereka akan bagaimana cara kami mengelola perkebunan kelapa sawit dan kegiatan produksi dalam rantai pasokkami. Melalui kolaborasi dengan para pemasok, kami dapat mengatasi berbagai persoalan dengan lebih baik dan membangun persepsi yang lebih positif akan industri kelapa sawit. Kerja sama Anda dalam mewujudkan hal ini sangatlah penting bagi kami.

Alasan kemamputelusuran dan transparansi begitu penting

Tren Global

Perhatian terhadap praktik-praktik yang bertanggung jawab dan berkelanjutan (praktik pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, hubungan industri dan praktik-praktik di tempat kerja, serta perlindungan hak asasi manusia)  kini semakin meningkat. Hal ini mendorong munculnya harapan yang lebih tinggi bagi para pemangku kepentingan dan standar baru yang lebih baik bagi kami untuk terus  melakukan perbaikan di lapangan.

Kebijakan perusahaan

Perusahaan kami mewajibkan semua pemasok untuk mematuhi Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG).

Kebutuhan Pasar

Keberlanjutan menjadi faktor utama dalam mengambil keputusan bagi sebagian besar pelanggan internasional kami di Eropa dan Amerika Serikat. Misalnya pada 2020 perusahaan kelapa sawit yang memasuki pasar Eropa harus mencapai angka 100%  sebagai Minyak Kelapa Sawit Berkelanjutan Bersertifikat (Certified Sustainable Palm Oil)(Foodnavigator.com, 2015).

Ketentuan pemerintah

Pemerintah Indonesia telah mewajibkan semua pemasok untuk mematuhi standar sertifikasi ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil).

5 langkah untuk memperbaiki praktik berkelanjutan

Kami percaya bahwa proses pembelajaran yang kita jalani bersama akan memberikan manfaat. Kita dapat  menemukan peluang untuk perbaikan dan menyepakati berbagai tolak ukur dan tindakan untuk terus memperbaiki kebijakan, metode dan praktik, serta prosedur operasional standar kami.

5 langkah kerja sama kami dengan Anda:

Langkah 1 – Belajar dan berbagi manfaat praktik-praktik berkelanjutan

Kami akan memaparkan praktik-praktik tersebut beserta pelajarannya kepada Anda sehingga kita dapat mempelajari dan memperbaiki praktik-praktik berkelanjutan kita.

Langkah 2 – Menunjukkan transparansi

Kami melaporkan perkembangan keberlanjutan  melalui Dasbor Keberlanjutan online kami. Kami tentu menghargai jika  Anda ingin berbagi informasi dengan sukarela tentang perusahaan Anda dan peluang untuk perbaikan berdasarkan penilaian Anda sendiri.

Langkah 3 – Meningkatan kapasitas

Para ahli kami akan membantu Anda jika membutuhkan pelatihan, materi edukasi, atau jika Anda memerlukan bantuan untuk memenuhi persyaratan/sertifikasi ISPO. Anda dapat mengunduh materi yang mungkin berguna bagi Anda di sini.

Langkah 4 - Melaksanakan program transformasi

Menyusun rencana tindakan yang terjadwal dengan langkah-langkah nyata untuk perbaikan- yang cepat akan membantu Anda meningkatkan praktik-praktik berkelanjutan.

Langkah 5 - Memperloleh masukan yang membangun

Anda akan memperoleh masukan yang membangun dari para ahli kami terkait pelaksanaan rencana tindakan Anda. GAR akan bekerja sama dalam mendokumentasikan studi kasus, pelajaran yang didapat serta kisah sukses dari program transformasi Anda. Kita juga akan berbagi kisah sukses kepada lebih banyak pemangku kepentingan untuk membangun persepsi yang lebih baik tentang industri minyak kelapa sawit Indonesia.

Layanan dan program  dukungan

GAR menawarkan beberapa layanan dan program dukungan:

Edukasi umum

  • SMARTSEED (Social and Environmental Excellence Development):
    Merupakan forum berkumpulnya seluruh pemasok GAR yang diselenggarakan setiap tahun sekali dan mengundang para pihak terkait lainnya dengan mengangkat  isu-isu keberlanjutan industri kelapa sawit. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kolaborasi dengan para pemasok GAR dan pihak terkait lainnya.
  • Dukungan kontak pemasok 24 jam melalui email: para pemasok dapat mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan dalam melaksanakan kebijakan keberlanjutan GAR melalui support@sinarmas-agri.com
  • Perangkat Transformasi GAR (GAR’s Transformation Toolkits):penilaian mandiri pemasok, acuan standar, formulir, referensi, video, pembanding/tolak ukur, dan lainnya dapat Anda temukan di sini

Keterlibatan lebih jauh

  • SMART STAR (Supplier Training for Action Request):
    Private Training yang diberikan berdasarkan permintaan dan kebutuhan pemasok. Training ini hanya satu sesi berdasarkan satu fokus area. Dapat dilaksanakan di kantor kami atau di lokasi pemasok.
  • SMART SPOT (Sustainable Palm Oil Training):
    Training yang bersifat tematik yang diinsiasi oleh kami dengan melibatkan beberapa pemasok (Group & Non-group) dengan isu-isu yang sama dan/atau di lansekap yang sama. Kegiatan ini juga melibatkan para pihak seperti dari pemerintahan dan Organisasi Non Pemerintah (LSM). SMART SPOT menggunakan pendekatan multi pihak yang membantu mencari solusi bersama melalui diskusi kelompok.
  • Collaboration for Transformation (CFT):
    CFT adalah program pelatihan mendalam berdasarkan isu prioritas dari penilaian internal kami tentang pemasok. Ini melibatkan beberapa kegiatan lokakarya secara intensif dengan satu pemasok tentang bagaimana cara membentuk kembali praktik mereka menjadi lebih berkelanjutan. CFT dilakukan di lokasi pemasok dengan beberapa kunjungan selama durasi program.

Bantuan dan penanganan keluhan

Kami membantu para pemasok kami yang terlibat atau disebutkan dalam keluhan yang diajukan oleh berbagaipihak luar. Setelah mempertimbangkan persoalan yang dihadapi, kami akan membantu mulai dari analisis spasial, kunjungan ke lapangan dan penyusunan rencana tindakan perbaikan.