Keberlanjutan

SMART Research Institute (SMARTRI)

SMART Research Institute (SMARTRI) di Libo, Riau adalah fasilitas penelitian unggulan SMART yang didukung sekitar 80 peneliti dan ilmuwan yang berfokus pada peningkatan praktik agronomi, pemuliaan, dan pelestarian tanaman yang semuanya berkontribusi terhadap produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan.

SMARTRI melakukan penelitian di bidang:

  • Agronomi, yang mencakup nutrisi tanaman kelapa sawit, pengelolaan air, kesuburan tanah, studi ekofisiologi, dan pengembangan praktik budidaya yang berkelanjutan;
  • Pemuliaan, yaitu perbaikan terus-menerus pada tanaman kelapa sawit melalui program seleksi konvensional, dan baru-baru ini melalui pemuliaan yang dibantu penanda molekuler. Pengembangan kultur jaringan juga turut andil dalam peningkatan produktivitas;
  • Pelestarian tanaman, terutama melalui pendekatan Pengelolaan Hama Terpadu (Integrated Pest Management atau “IPM”);

Keberlanjutan, termasuk pengembangan metodologi dan alat untuk menilai dampak lingkungan dari praktik SMART di lapangan, serta pengembangan dan pengujian praktik perkebunan yang lebih berkelanjutan. Di samping itu, SMART juga melaksanakan studi penelitian tentang jasa ekosistem.

SMARTRI telah mengantongi sertifikasi ISO 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu pada tahun 2003 dan diakreditasi ISO 17025 untuk laboratorium analitisnya pada tahun 2005. Kegiatan penelitian yang dilakukan dikelola oleh tujuh departemen yang ada.

Teknisi laboratorium di SMARTRI yang berlokasi di Libo, Riau