Ruang Berita

Masyarakat

Beradaptasi Pada Situasi Normal Yang Baru Dengan Peduli Pada Diri Sendiri Dan Sesama


Saya membaca pesan dari kawan saya yang berprofesi sebagai guru. Salah satu muridnya berkata, “Ibu, anehkah jika aku berpikir bahwa yang terjadi saat ini akan tercatat dalam buku sejarah. Nantinya, orang akan bertanya kepadaku, seperti apakah kehidupan di masa ini, layaknya kita bertanya kepada kakek nenek kita soal perang di zaman dahulu.”

Tahun 2020 memang terbukti sebagai masa yang aneh, menakutkan, membingungkan, dan penuh tekanan. COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona jenis baru telah mengganggu kehidupan kita semua dari gaya hidup, cara bekerja, dan cara bersosialisasi.

Namun sebagai manusia kita beruntung karena dianugrahi kemampuan untuk cepat beradaptasi dan bergerak maju bahkan dalam situasi paling sulit sekalipun. Tak hanya itu, bisnis pun juga harus beradaptasi pada kenyataan baru yang dihadirkan oleh pandemi COVID-19.

Sebagai sebuah perusahaan, Sinar Mas Agribusiness and Food telah melakukan langkah-langkah sebagai upaya memastikan keselamatan para karyawan serta kelangsungan bisnisnya. Ketahanan pangan dengan makanan dan minuman, menjadi prioritas kami, dan kami memproduksi keduanya.

Minyak sawit merupakan bahan kunci dalam begitu banyak makanan pokok, dan air minum kami (Pristine), memainkan peranan penting di negara-negara seperti Indonesia, di mana air minum bersih dari keran belum menjadi hal yang umum.

Selain makanan, oleokimia berbasis minyak sawit memiliki peranan penting dalam produk kebersihan diri seperti sabun cuci tangan, deterjen, bahkan cairan pembersih.

Memastikan kelangsungan produksi dari hal-hal esensial berikut ini sangatlah penting.

Peduli pada diri sendiri

Perusahaan kami semakin secara progresif menerapkan kebijakan untuk meningkatkan kesadaran di kalangan karyawan dan mengurangi penyebaran virus Corona, diantaranya:

  • Komunikasi dan penyampaian perkembangan terbaru secara rutin kepada seluruh karyawan mengenai langkah-langkah pencegahan dan situasi terkait COVID-19 di dalam negeri
  • Bekerja dari rumah bilamana memungkinkan. Jika tidak, kami menerapkan pembagian tim A/B dan membatasi akses pada area operasi, yakni hanya orang-orang penting yang diperbolehkan berada di lapangan
  • Pengecekan temperatur tubuh dan pemeriksaan kesehatan di tempat kerja, serta prosedur penanganan bagi karyawan yang bergejala
  • Meningkatkan langkah-langkah pembersihan dan jaga jarak sosial pada seluruh tempat umum di tempat kerja
  • Menunda semua perjalanan dinas internasional dan tidak penting, serta melarang keras seluruh personil untuk melakukan perjalanan pribadi
  • Memberikan tips untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri, serta panduan bagi karyawan yang sakit untuk tetap istirahat di rumah

Langkah-langkah ini, dibarengi dengan fakta bahwa pemerintah Indonesia telah mengakui sektor minyak sawit sebagai industri strategis, membuat perusahaan kami dapat melanjutkan operasi selama pandemi berlangsung.

Penyemprotan disinfektan pada area di sekitar perkebunan di Kalimantan Barat.
Penyemprotan disinfektan pada salah satu Mushalla yang berlokasi di dekat perkebunan di Ketapang, Kalimantan Barat.

Peduli pada sesama

Saya bangga  bekerja bagi perusahaan yang memiliki kontribusi dalam menjamin kesejahteraan karyawan, serta masyarakat luas. Sejak pandemi ini dimulai, kami telah menyokong masyarakat luas untuk melawan virus COVID-19.

Kami menyediakan bantuan medis dan menyumbangkan pasokan masker, ventilator, APD (Alat Perlindungan Diri), serta barang penting lainnya, kepada berbagai organisasi yang membutuhkan di Indonesia.

Staf kami di Singapura membagikan hand sanitizer gratis di balai masyarakat setempat
Perwakilan Pristine membagikan botol air minum kemasan kepada relawan di RS Darurat Wisma Atlet.



Women volunteers are coming together to create face masks for the community.

Di Jakarta, kami memasok air minum Pristine kemasan botol ke Wisma Atlet, yang saat ini diubah fungsi sebagai rumah sakit darurat bagi penanganan pasien COVID-19.

Di kompleks perumahan pekerja kami di seluruh Indonesia, para perempuan bekerja sama untuk membuat masker bagi para pekerja kami dan bagi masyarakat sekitar, dan kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum.

Kami juga menjadi saksi atas kebaikan manusia terhadap sesamanya. Secara pribadi, hati saya tersentuh ketika salah satu tim karyawan kami menggalang dana untuk menyumbang vitamin serta uang tambahan bagi staf-staf penting kami, seperti satpam dan petugas kebersihan di Jakarta yang telah bekerja tanpa henti. Sejak saat itu, melalui Yayasan Eka Tjipta dan Tzu Chi, perusahaan kami juga membuka portal donasi resmi untuk membantu linidepan seperti mereka dan karyawan kami lainnya yang membutuhkan, serta untuk menyumbang peralatan kesehatan bagi praktisi kesehatan di seluruh Indonesia.

Perwakilan dari tim keberlanjutan sedang membagikan sumbangan bagi staf kebersihan kami.
Dua karyawan Perusahaan yang meningatkan kita semua untuk diam di rumah.


Situasi normal yang baru bagi saya – bekerja lebih cerdas dari rumah

Sudah sekitar satu bulan saya bekerja dari rumah.

Itu jelas sebuah pengalaman baru bagi saya. Terkadang memang terasa sepi, terutama karena saya terlalu terbiasa dengan suasana tim yang hidup dan ceria di kantor. Terlebih lagi, saya harus bersabar dengan koneksi Wifi yang naik dan turun. Dari satu sisi, situasi ini membuat saya lebih bersyukur pada hal-hal kecil yang biasanya saya anggap biasa saja dalam kondisi normal.

Saya sangat bersyukur bahwa pekerjaan ini memungkinkan saya bekerja dari rumah dan berkumpul bersama keluarga. Saya bersyukur atas bantuan dan solusi dari tim IT kami sehingga kami dapat bekerja dengan aman dari rumah. Saya juga mendoakan rekan-rekan kerja yang menghadapi situasi ini setiap hari, terutama mereka yang tetap harus pergi ke lapangan dan perkebunan, demi memastikan pasokan makanan dan minuman kami tidak terganggu.

Akankah situasi ini memburuk? Akankah ini menjadi normal baru kita? Semua belum dapat diketahui dengan pasti. Namun saya percaya kita dapat melaluinya, bersama-sama.

Tetap positif, tetap sehat, dan tetap aman.

Klik di sini untuk artikel-artikel terkait situasi COVID-19.

| | |