Ruang Berita

Tokoh

Bekerja sama dengan Future Stars Programme (FSP) di Cina


Pernahkah Anda berharap dapat memimpin tim Anda sendiri saat bergabung dengan suatu perusahaan, lalu justru ditempatkan di bagian pelatihan dan pendidikan? Dianggap baru siap sebagai manajer junior yang sedang dalam masa pelatihan oleh manajemen senior? Atau dianggap, “Kamu masih belum memiliki cukup pengalaman, ikuti saja manajermu dahulu, setahun lagi baru mencobanya.”

Namun, Sinar Mas Agribusiness and Food Cina menempuh pendekatan yang berbeda dalam mengembangkan bakat melalui Future Stars Programme (FSP).Program inimenyiapkan calon pemimpin melalui rotasi jabatan, praktik langsung dalam pengelolaan proyek, dan pendampingan bersama manajemen senior.

Peluang baru

Saat itu Arthur Wang sedang mencari arah baru dalam kariernya ketika mengetahui FSP dari internet. Dengan bekal pendidikan sains dan teknik, serta latar belakang pekerjaan sebelumnya dalam posisi analis riset bidang kesehatan, maka menjadi tantangan baginya untuk mengembangkan minat di bidang penjualan (sales) dan pemasaran (marketing) karena kurangnya pengalaman di bidang tersebut.

“Dulu, saya mengira mungkin saya akan jadi ilmuwan atau ahli riset. Tapi setelah menjalaninya selama dua tahun, lama kelamaan saya menyadari bahwa itu bukanlah cita-cita saya. Saya tidak puas hanya dengan menciptakan produk baru atau menganalisis masalah kualitas tertentu selama produksi karena hal itu membuat saya merasa hanya sebagai staf pendukung.”

Arthur yakin bahwa mengikuti FSP telah membuka banyak pintu karir baginya.

Setelah mengikuti FSP di tahun 2017, Arthur pindah dari sales dan marketing menuju keuangan, dan merasa bersukur karena banyak hal bisa ia pelajari tentang bisnis secara keseluruhan, “Saya belajar bagaimana memahami bisnis melalui informasi seperti laporan penjualan, biaya manufaktur, dan laporan laba-rugi. Yang sangat saya syukuri adalah bahwa sekarang saya terlibat dalam keseluruhan siklus suatu produk baru, tidak hanya penciptaannya, tapi juga bagaimana memproduksi dan bahkan memasarkannya.

Program ini telah memberikan kesempatan kedua bagi karir saya dan membawa saya memasuki dunia baru.”

Otonomi proyek

Crystal Liu merasa tidak menemukan tantangan pada pekerjaan sebelumnya yang sifatnya sangat rutin danmonoton. Dengan FSP, dia memiliki otonomi untuk mengelola suatu proyek secara bersama-sama.

“Saya terlibat dalam keseluruhan proses peluncuran produk baru. Mulai dari membangun konsep produk sampai mencari produsen peralatan asli, manajemen mutu, hingga pendaftaran akhir produk ke pihak berwenang. Itu membantu membentuk pola pikir proyek pemasaran yang utuh, meningkatkan kemampuan komunikasi lintas-fungsi, dan membangun keterampilan mengelola pemangku kepentingan.”

Kerja keras Crystal terbayar melalui peluncuran produknya.

Dengan otonomi penuh dalam pengelolaan tim dan pencapaian target, Crystal membawa timnya meraih posisi delapan besar dari 100 kontestan dalam sebuah kompetisi distribusi produk baru tingkat nasional.

Dia yakin bahwa rencana rotasi secara personal dan terperinci bagi semua kandidat FSP telah membuatnya berkembang. “Pada setiap tahapan penting, ada penilaian kinerja secara langsung dengan mentor kami. Itulah yang membuat saya semakin terinspirasi dan berpikir lebih mendalam tentang pekerjaan saya.

Dengan panduan yang jelas dari CEO dan HR kami, saya dapat merasakan bahwa saya benar-benar mengalami kemajuan.”

Kami memang memberikan Future Stars otonomi tingkat tinggi. Kondisi dunia nyata dapat memberi mereka pengalaman berharga dalam hal kepemimpinan, yang sangat penting bagi masa depan karir mereka.

Ajang berinteraksi langsung dengan manajemen senior

Saat Will Yao mendaftarkan diri pada program FSP, dia terkejut dengan besarnya perhatian dan bimbingan yang diberikan manajemen senior, khususnya CEO Jerry Wang.

“Semua orang di perusahaan memberikan perhatian besar terhadap program ini dan Jerry, sebagai mentor kami, memberikan pembelajaran yang komprehensif bagi usaha maupun kehidupan.”

Arthur juga memiliki perasaan serupa, “Bahkan ketika Jerry sangat sibuk, dia masih meluangkan waktu untuk memberikan kami pelajaran berharga. Menurut saya, dia tak hanya seorang CEO di perusahaan ini, tapi juga seorang guru dan motivator yang berkarakter. Saya belajar banyak dari proyek ini dan dari mentor kami sendiri.”

Perhatian eksekutif senior terhadap para peserta FSP adalah wujud investasi perusahaan dalam program ini. Kami yakin akan pengembangan bakat, karena sumber daya manusialah yang membentuk sebuah organisasi. Tanpa pemimpin yang kuat, perusahaan tidak akan mampu menghadirkan minyak kelapa sawit berkelanjutan yang bermutu dan bersertifikasi tingkat dunia.

Will mengapresiasi bimbingan luar biasa yang diberikan CEO selama mengikuti FSP.

Wawasan tentang industri FMCG

Stan Zhu selalu tertarik pada industri Fast Moving Consumer Good/FMCG ketika bekerja sebagai account executive di periklanan. FSP adalah kesempatan emas baginya untuk belajar lebih jauh tentang industri besar tersebut, yang bernilai hampir $200 miliar di Cina saja.

“Saya mendapatkan peluang untuk belajar tentang kegiatan usaha Sinar Mas Agribusiness and Food Cina, dan mendapat banyak pengetahuan tentang industri FMCG secara umum.”

Sekarang Stan semakin memahami cara kerja berbagai departemen untuk mendukung usaha secara penuh.

Dengan pengalaman beberapa dekade di bidang komoditas dan industri FMCG, perusahaan memahami pentingnya bekal pengetahuan dan keahlian bagi kandidat seperti Stan dan Future Stars lainnya. Hal itu akan mempercepat pembelajaran dan perkembangan mereka menjadi pemimpin sejati, yang akan membantu mendorong perusahaan ke tingkat yang lebih tinggi.

Informasi lebih lanjut tentang Future Stars Programme

Future Stars Programme dirancang untuk menyiapkan pemimpin di sektor komersial pada masa yang akan datang dan menunjang perkembangan bisnis perusahaan di Cina. Peminat yang ingin menjadi peserta program harus memiliki pengalaman kerja minimum dua atau tiga tahun.

Selama 36 bulan, kandidat akan berpindah-pindah di beberapa departemen seperti operasional lapangan, penjualan dan pemasaran, sumber daya manusia, dan sebagainya untuk mengembangkan keahlian bisnis profesional dan kompetensi kepemimpinan. Mereka akan mendapatkan kesempatan untuk memimpin tim dan proyek dari permulaan, sekaligus mendapatkan bimbingan langsung dari CEO dan mengikuti pelatihan kepemimpinan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang program tersebut, kunjungi media sosial LinkedIn Sinar Mas Agribusiness and Food Cina di sini.

Ingin bekerja sama dengan kami di negara lain? Kunjungi media sosial LinkedIn kami informasi seputar lowongan pekerjaan:

LinkedIn Golden Agri-Resources

LinkedIn Sinar Mas Agribusiness and Food

| | |