Ruang Berita

Tokoh

Bekerja di perusahaan agribisnis modern


Apa yang terlintas di pikiran Anda saat membayangkan bekerja di perusahaan sawit? Bagi kebanyakan orang, mungkin akan terbayang perkebunan, pepohonan, dan area pedesaan. Saya bekerja di sebuah perusahaan sawit, tetapi tidak semuanya seperti yang Anda bayangkan. Saya bekerja di jantung kawasan perkotaan yang sibuk di Jakarta, di lantai 23 dari sebuah gedung perkantoran yang menjulang tinggi, pada divisi Central Business Services (CBS) Sinar Mas Agribusiness and Food.

Apa itu CBS dan mengapa perusahaan sawit membutuhkannya?

Sebagaimana tersirat dari namanya, CBS adalah pusat layanan bersama, seperti bagian Keuangan (Finance), TI (IT), SDM (HR), Umum (General Affairs), dan Pengadaan (Procurement), di organisasi kami. Tiga tahun silam, Perusahaan membentuk CBS dalam rangka meningkatkan efisiensi, transparansi, dan standardisasi internal. Saat itu konsep pusat layanan bersama seperti di Perusahaan mulai memperoleh perhatian. Akan tetapi, kebanyakan perusahaan berbasis perkebunan masih belum menjalankan konsep tersebut. Sinar Mas Agribusiness and Food adalah salah satu dari perusahaan sawit pertama yang menerapkannya.

Saya bersama Fonny, kolega saya yang merupakan Head of Talent Acquisition di HR CBS (kiri), di salah satu ruang rapat kantor CBS di pusat kota Jakarta. (Foto diambil sebelum pandemi COVID-19.)

Saat pertama mengetahui peran jabatan Head of HR di tim CBS, rasa ingin tahu saya pun muncul. Bagaimana peran HR dapat berkontribusi terhadap proses standardisasi dalam grup perusahaan perkebunan konvensional? Bagaimana menjawab pertanyaan tersebut adalah motivasi yang mendorong saya untuk melamar pekerjaan di divisi yang masih baru ini.

CBS berkonsentrasi pada otomatisasi dan standardisasi. Rekan tim di divisi ini harus memahami dunia digital karena setiap hari kami menggunakan perangkat teknologi guna mendukung kegiatan operasional dan inisiatif seperti pembelajaran elektronik (e-learning). Di sini, kami memberikan perhatian besar terhadap kepuasan pelanggan yang dalam hal ini adalah para kolega di Perusahaan karena kami adalah penyedia jasa bagi mereka. Kami melaksanakan Survei Keterlibatan Karyawan (Employee Engagement Survey) tahunan yang diperuntukkan bagi anggota staf CBS karena penyedia layanan yang bahagia dan merasa ikut dilibatkan dapat meningkatkan produktivitas dan memperkuat kualitas layanan pelanggan di seluruh lini perusahaan.

Karyawan yang bahagia dan merasa dilibatkan adalah karyawan yang lebih baik. Itulah alasan kami menyelenggarakan acara untuk bergembira bersama dan saling mendekatkan diri. Foto ini adalah unjuk bakat karyawan dalam peringatan Hari Kemerdekaan di CBS. (Foto diambil sebelum pandemi COVID-19.)

Perubahan pola pikir
Penerapan CBS untuk pertama kali membawa perubahan besar terhadap struktur perusahaan – tidak hanya dari segi operasional, tetapi juga budaya. Di industri ini, kebanyakan orang lebih mengenal divisi sektor hulu (perkebunan dan divisi lapangan) dan hilir (pabrik rafinasi dan manufaktur produk akhir). Pembentukan divisi CBS menggabungkan karyawan dari berbagai bagian, dengan beragam budaya dan perilaku organisasi, menjadi satu. Di situlah tantangan terbesarnya. Untuk memudahkan proses transisi, kami memberlakukan survei kepemimpinan dan mekanisme umpan balik guna mendorong budaya yang lebih transparan dan terbuka.

Tim HR CBS dalam kegiatan tahunan CBS Townhall pada 2019. (Foto diambil sebelum pandemi COVID-19.)

Saya merasa bangga melihat apa yang telah dibangun di divisi CBS. Yang saya sukai adalah kami dapat terus belajar dan berbagi mengenai hal-hal baru. Kami penuh semangat, gesit, terfokus, dan kompeten.

Perusahaan agribisnis modern saat ini tidak lagi terbatas pada pekerjaan di kebun atau pabrik, tetapi juga menyangkut penyempurnaan proses secara berkesinambungan, bahkan dalam proses transaksi paling sederhana setiap hari. CBS adalah pusat yang menaungi seluruh transaksi dalam rangka mendukung upaya standardisasi dan otomatisasi. Dengan CBS kami mentransformasi Perusahaan, dan bahkan mungkin industri ini, menjadi lebih efisien dan efektif.

Tertarik mengetahui lebih lanjut bagaimana bekerja di perusahaan agribinis modern? Simak penjelasan mengenai berbagai posisi kerja di tautan ini.

Tentang penulis:
Lilianawati adalah Head of HR Central Business Services Sinar Mas Agribusiness and Food. Ia berpengalaman 15 tahun di bidang HR bersama perusahaan seperti AXA dan Adaro. Ia juga pernah bekerja di divisi Finance selama satu dekade sebelum memegang jabatan di divisi HR. Lilianawati suka bepergian keliling dunia, mengenal beragam budaya, dan terhubung dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda-beda.
| | |