Beasiswa

Tanya Jawab Beasiswa Tzu Chi

Apa yang dimaksud dengan International Scholarship Programme?

International Scholarship Programme adalah program pendidikan 4 tahun bagi lulusan SMA. Program beasiswa terbaru ini merupakan kerjasama antara Sinar Mas Agribusiness and Fooddengan Tzu Chi University of Science & Technology (TCUST).

Apa yang akan siswa/siswi pelajari?

Peserta beasiswa akan terdaftar dalam salah satu program studi di TCUST dan meraih gelar sarjana dalam bidang Bisnis Administrasi. Peserta beasiswa akan dibekali dengan keahlian di bidang online marketing dan offline management distribusi, khususnya dalam bidang agribisnis.

Bagaimana caranya mendaftar dalam program ini?

Pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui pengisian formulir pendaftaran yang tersedia di www.smart-tbk.com/scholarship-registration. Peserta beasiswa yang mendaftar juga harus mempersiapkan tulisan dalam Bahasa Inggris/Mandarin dalam 2 topik pilihan:
  1. Jelaskan tantangan yang dihadapi sektor pertanian Indonesia dan bagaimana Anda berkontribusi untuk mengatasi hal tersebut?
  2. Cara apa yang dapat Anda lakukan untuk berkontribusi bagi Indonesia melalui bidang pertanian?

Siapa saja yang dapat mendaftar dalam program beasiswa ini?

Seluruh warga negara Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan SMA, memiliki kemampuan dasar Bahasa Inggris (memiliki kemampuan Bahasa Mandarin lebih diutamakan), memiliki ketertarikan dalam industri agribisnis dan/atau pemasaran.

Komponen apa saja yang dibiayai dalam program beasiswa ini?

a. Pendidikan (biaya pendidikan, pendaftaran, buku, magang)
b. Non-Pendidikan (visa, transportasi, izin kerja, biaya penempatan pertama kali, kesehatan, asrama, makan, biaya hidup, seragam)

Apakah ada biaya yang harus disiapkan selama proses seleksi?

Tidak ada beban biaya yang harus ditanggung oleh peserta beasiswa selama proses seleksi. Namun, peserta beasiswa yang dinyatakan lulus tahapan seleksi harus mempersiapkan passport secara pribadi.

Apakah kami diperbolehkan melamar dalam dua program beasiswa Sinar Mas yang berbeda secara bersamaan?

Peserta beasiswa tidak diperkenankan untuk mendaftar dalam dua program beasiswa Sinar Mas yang berbeda dalam waktu bersamaan.

Apakah ada konsekuensi jika para peserta tidak mengikuti program beasiswa hingga selesai?

Penerima beasiswa yang tidak mengikuti program beasiswa hingga selesai akan dikenakan denda sesuai biaya yang dikeluarkan secara pro-rata (misalnya siswa harus membayar terhitung dari total biaya yang dikeluarkan selama periode studi dikurangi dengan biaya saat siswa itu mengundurkan diri).

Kondisi seperti apa yang menyebabkan peserta beasiswa diberhentikan/ dikeluarkan dari program ini?

Panitia Sinar Mas Agribusiness and Food berhak mengakhiri/mengeluarkan hubungan dengan penerima beasiswa setiap saat, dengan pemberitahuan langsung kepada penerima beasiswa secara tertulis, jika terjadi:

a) Pelanggaran, baik sehubungan dengan studi peserta beasiswa atau tidak.
b) Tidak ada perkembangan dalam studi yang dianggap memuaskan.
c) Keadaan tertentu, seperti penyakit, atas persetujuan universitas bahwa tidak memungkinkan bagi peserta untuk menyelesaikan program beasiswa dengan memuaskan atau mencegah tujuan mengikuti program beasiswa terpenuhi.
d) Pemberhentian, karena alasan apa pun, dari pihak universitas
e) Pelanggaran terhadap hukum.
g) Kegagalan untuk mematuhi persyaratan visa.
h) Penemuan dokumentasi palsu yang dikirimkan.

Berapa lama jangka waktu ikatan dinas?

Jangka waktu ikatan dinas adalah 5 tahun setelah peserta beasiswa menyelesaikan pendidikan di TCUST.

Saya telah menyelesaikan pendidikan SMA saya, namun pada saat proses penutupan pendaftaran beasiswa, ijazah SMA saya belum tersedia, apakah mungkin jika saya mendaftar dalam program beasiswa dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus?

Dalam hal ini, calon peserta tetap dapat mendaftar dalam program beasiswa dengan menggunakan Surat Keterangan Lulus. Namun, jika peserta terpilih sebagai salah satu penerima beasiswa, maka peserta diminta untuk membawa/menyertakan Ijazah asli

Bagaimana tahapan proses seleksi dalam program beasiswa ini?

a. Mengisi formulir pendafataran secara online
b. Seleksi administrasi
c. Tes Potensi Akademik (Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin)
d. Tes Psikotest
e. Wawancara
f. Tes Kesehatatan

Apakah kemampuan Bahasa Inggris/Mandarin harus dinilai oleh institusi terkait?

Peserta beasiswa dapat menggunakan nilai mata pelajaran Bahasa Inggris/Mandarin yang didapat selama menjalankan pendidikan SMA

Jika ada pertanyaan terkait dengan program ini, apakah ada nomor telepon yang dapat dihubungi?

Peserta dapat menghubungi Talent Acquisition Sinar Mas Agribusiness and Food di nomor +62 21 5015 6789 ext 2113 atau 0881 123 8165 (WhatsApp Messenger)