Beasiswa

PT SMART Tbk (SMART) percaya bahwa pendidikan memegang peranan kunci terhadap masa depan sektor pertanian di Indonesia.

Berbekal keyakinan tersebut, sejak tahun 2007, SMART membuka kesempatan bagi para siswa/siswi Sekolah Menengah Atas untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. SMART bekerjasama dengan institusi-institusi pendidikan seperti IPB, ITSB dan INSTIPER memberikan beasiswa penuh untuk bagi para kandidat terpilih untuk mendapatkan ilmu pertanian yang lebih mendalam.

Tahun ini, SMART bersama dengan ITSB dan INSTIPER membuka kesempatan bagi para siswa/siswi SMA dan SMK untuk mempelajari teknologi pengolahan minyak kelapa sawit dan manajemen perkebunan kelapa sawit.

PENGUMUMAN BAGI PENERIMA BEASISWA 2017
PT SMART TBK Smart Planters (SP) & ITSB

1. Nama-nama tertera dibawah merupakan penerima beasiswa yang telah melewati & lolos proses seleksi dengan baik.

  • Bagi yang belum mempunyai BPJS, silahkan membawa kartu ASKES / JAMKESMAS atau Kartu Indonesia Sehat atas nama Penerima Beasiswa (asli, bukan fotokopi)
  • Harap membawa dokumen-dokumen yang belum dilengkapi pada saat pertemuan pertama perkuliahan di kampus masing-masing (tertulis di kolom data yang kurang & perlu dibawa)
  • Harap bagi yang namanya diberi latar belakang merah, segera email nomor HP & alamat email penerima Beasiswa yang aktif untuk memudahkan saat dihubungi oleh pihak PT SMART Tbk terkait untuk pemesanan tiket pesawat.

Download Daftar Penerima Beasiswa Instiper & Info Lokasi Keberangkatan

Download Daftar Penerima Beasiswa ITSB & Lokasi Keberangkatan

2. Perkuliahan INSTIPER (SP) akan dimulai dengan daftar ulang (wajib) tanggal 10 Agustus. Para mahasiswa harap tiba di Yogyakarta pada tanggal 9 Agustus. Untuk kelengkapan administrasi yang harus dibawa antara lain: fotocopy ijazah bila sudah ada, fotocopy akte kelahiran, fotocopy kartu keluarga dan pasfsoto berwarna 1 lembar.

Pada tanggal 14 Agustus, akan diadakan masa orientasi OKKABUN (Orientasi Kampus & Kenal Kebun). Untuk kelengkapan Okkabun antara lain:

      • Sepatu booth
      • Kemeja putih lengan panjang (2 buah)
      • Dasi hitam panjang
      • Kaos putih polos lengan panjang (3 lebih baik)
      • Celana panjang hitam untuk di kampus maupaun kegiatan ospek di kebun (sebaiknya lebih dr 2 buah)
      • Veldples atau tempat minum
      • Kaos kaki putih
      • Pakaian ganti untuk kegiatan di kebun
      • Perlengkapan obat obatan pribadi

*Keterangan lain untuk INSTIPER akan diumumkan ketika tanggal 10 Agustus mendatang.

3. Peserta akan berangkat dari kota asal ke INSTIPER Yogyakarta pada tanggal 8 Agustus 2015.

*) Bagi peserta dari luar pulau Jawa akan diberikan tiket pesawat dari perusahaan dan tiket akan di-upload di website pada tanggal 1 Agustus 2015. Berat bagasi maksimal 15 kg, kelebihan berat bagasi tidak bisa di-klaim

Bagi peserta yang mengundurkan diri setelah pemesanan tiket pesawat, maka WAJIB MENGGANTI biaya tiket pesawat & biaya medical check up

**) Bagi peserta dari pulau Jawa wajib membeli tiket BUS/TRAVEL/KERETA API menuju INSTIPER Yogyakarta dengan dana pribadi (bukti pembayaran/ kwitansi harap disimpan untuk di-klaim pada perusahaan)

***) Bukti tiket bus/kereta/airport tax bandara TIDAK boleh hilang, jika hilang tidak dapat mengajukan klaim, wrapping bagasi/ asuransi/ PMI/ sumbangan dalam bentuk apa pun TIDAK BISA di-klaim.

4. Perkuliahan di ITSB akan dimulai dengan daftar ulang pada tanggal 23 Agustus 2017. Para mahasiswa harap tiba di Cikarang pada tanggal 22 Agustus.

Persyaratan daftar ulang (dibuat rangkap 2):

      1. Lulus Tes Potensi Akademik (TPA), psikotes, wawancara, dan tes kesehatan
      2. Fotokopi rapor semester 1 s/d 6 yang dilegalisir
      3. Fotokopi SKHUN dan Ijazah Asli yang dilegalisir
      4. Surat berkelakuan baik dari sekolah
      5. Surat keterangan tidak buta warna dan surat keterangan sehat dari dokter
      6. Fotokopi Akte Kelahiran dan Fotokopi KTP
      7. Foto berwarna 2×3 (2 lembar) dan 3×4 (2 lembar)
      8. Menandatangani surat pernyataan untuk mempertahankan nilai IPK tidak kurang dari 2,75 selama kuliah pada setiap semester

5. Peserta akan berangkat dari kota asal ke ITSB Cikarang pada tanggal 21 Agustus 2015.

*) Bagi peserta dari luar pulau Jawa akan diberikan tiket pesawat dari perusahaan dan tiket akan di-upload di website pada 14 Agustus 2017. Berat bagasi maksimal 15 kg, kelebihan berat bagasi tidak bisa di-klaim. Bagi peserta yang mengundurkan diri setelah pemesanan tiket pesawat, maka WAJIB MENGGANTI biaya tiket pesawat & biaya medical check up

**) Bagi peserta dari pulau Jawa wajib membeli tiket BUS/TRAVEL/KERETA API menuju ITSB Cikarang dengan dana pribadi (bukti pembayaran/ kwitansi harap disimpan untuk di-klaim pada perusahaan)

***) Bukti tiket bus/kereta/airport tax bandara TIDAK boleh hilang, jika hilang tidak dapat mengajukan klaim, wrapping bagasi/ asuransi/ PMI/ sumbangan dalam bentuk apa pun TIDAK BISA di-klaim.

6. Jika ada ketidaksesuaian kota asal berangkat untuk rute tiket pesawat dibawah ini, harap email ke Beasiswa@sinarmas-agri.com dengan subject: Nama_SP/ITSB_tiket pesawat yang isinya menyatakan perubahan asal kota yang tercantum dengan asal kota yang seharusnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya pemesanan tiket yang tidak sesuai dengan bandara asal.

7. Keberangkatan dan penjemputan akan dikoordinir sekitar awal – pertengahan Agustus 2017 via telepon (pastikan no HP anda aktif). Jika mengganti nomor HP mohon informasikan melalui email ke: Beasiswa@sinarmas-agri.com.

8. Peserta WAJIB MEMBAWA IJAZAH SMA ASLI untuk diserahkan pada perusahaan.
Jika ijazah belum keluar:

– Minta surat pernyataan dari sekolah bahwa ijazah belum ada (tanda tangan kepala sekolah & stempel sekolah)

– Harap membawa surat pernyataan tidak bawa ijazah
Download Surat Pernyataan Tidak Membawa Ijazah INSTIPER
Download Surat Pernyataan Tidak Membawa Ijazah ITSB

9. Peserta juga diwajibkan membawa surat perjanjian Beasiswa. Jika tidak bawa surat perjanjian Beasiswa, maka dianggap gugur.