menu bar
close-grey

Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food kembali dibuka dengan membidik kaum milenial

Posted: Jan 24, 2022 4 minute read SMART 1789 views

Jakarta, 24 Januari 2022 – Para milenial tak perlu khawatir untuk melanjutkan pendidikan dan asa mereka ke perguruan tinggi. Tahun ini, Sinar Mas Agribusiness and Food kembali memberikan beasiswa bagi para milenial berprestasi dengan jumlah kuota sebanyak 45 penerima beasiswa. Pendaftaran telah dibuka sejak 3 Januari 2022 dan akan berakhir pada 31 Maret 2022.

Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mereka yang tertarik untuk belajar dan menjadi profesional muda di industri agrobisnis khususnya kelapa sawit. Kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan bagi mereka yang kurang beruntung secara finansial mendapatkan bantuan penuh selama pendidikan berlangsung baik biaya kuliah maupun biaya hidup per semester. Tak hanya itu, mereka juga berkesempatan mendapatkan pengalaman magang di operasional Sinar Mas Agribusiness and Food seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan tema besar Program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2022 – Merajut Asa, Membangun Bangsa, Jelajah Indonesia.

Sosialisasi Program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food ke sekolah-sekolah di Indonesia (foto diambil sebelum pandemi COVID-19).

’’Mendapatkan akses pendidikan yang baik dan berkualitas adalah cara mengejar dan mewujudkan mimpi kita. Program Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food telah sejak lama membantu anak muda Indonesia mewujudkan cita-cita mereka. Tak sedikit dari mereka kini menempati posisi penting di Perusahaan’’, jelas Darwin Tjindaidi, Head of HR Upstream, Sinar Mas Agribusiness and Food.

Darwin menambahkan bahwa saat ini dan ke depannya, industri agrobisnis seperti kelapa sawit akan banyak bersinggungan dengan teknologi. Disitulah peran para milenial yang terkenal dengan generasi IT Savvy (melek teknologi) sangat dibutuhkan. Teknologi memainkan peranan penting, khususnya dalam meningkatkan produktivitas, mengurangi kerusakan lingkungan, hingga memastikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) para pekerja.

Penggunaan berbagai teknologi canggih di Perusahaan dapat dilihat sehari-hari, misalnya upaya pencegahan kebakaran. Perusahaan memanfaatkan satelit sebagai ‘mata langit’ untuk memantau area-area rawan kebakaran. Teknologi seperti GeoSMART membantu dalam pemantauan dan mengirimkan data satelit secara cepat ke unit-unit Perusahaan jika terdeteksi titik panas atau titik api.

Selain itu ada penggunaan drone misalnya, di mana teknologi tersebut dimanfaatkan untuk memantau area kebun, serta menjaga area konservasi Perusahaan dari kerusakan. Masih banyak lagi teknologi menarik lainnya yang akan terus berkembang ke depannya di industri kelapa sawit.

Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food memberikan bantuan pendidikan tiga tahun untuk meraih gelar Diploma (D3) di ITSB (Institut Teknologi dan Sains Bandung) Cikarang, Jawa Barat. Tahun ini, program beasiswa Perusahaan menawarkan dua program utama yaitu SMART Mills dan SMART Agro. Kesempatan ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia yang memenuhi kriteria, serta tidak dipungut biaya apapun dalam proses seleksi calon penerima beasiswa.

SMART Mills adalah program pendidikan tiga tahun untuk meraih gelar Diploma (D3) Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit dengan peminatan pabrik. Lulusan program ini diharapkan dapat menjadi Asisten Mill yang handal. Sedangkan SMART Agro adalah program pendidikan tiga tahun untuk meraih gelar Diploma (D3) Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit dengan peminatan kebun. Lulusan program ini diharapkan dapat menjadi Asisten Agronomi yang handal.

Waluyo adalah seorang penerima Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2016 asal Cilacap, Jawa Tengah yang kini sukses berkarier di industri kelapa sawit. Cita-citanya untuk terus kuliah mendorongnya mengikuti program beasiswa ini. Dirinya pun harus berkompetisi dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia kala itu.

“Setelah lulus SMA, saya memiliki keinginan dan cita-cita untuk melanjutkan kuliah, tetapi keluarga saya berasal dari ekonomi kurang mampu. Jadi saya mencari beasiswa sebagai cara saya untuk kuliah. Saya sangat bersyukur dapat menerima beasiswa SMART Planters pada 2016, karena beasiswa ini telah membantu saya mencapai posisi saya sekarang”, jelas Waluyo.

Upaya Waluyo membuahkan hasil dengan mendapatkan beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food, dan mengambil jurusan Agro-ecotechnology. Lulus pada 31 Oktober 2020, pria berusia 23 tahun ini lulus sebagai mahasiswa terbaik di angkatannya. Kini dia bekerja sebagai Asisten Agronomi di Sinar Mas Agribusiness and Food setelah menyelesaikan studinya.

Jadi apakah kamu siap menjadi penerima beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2022? Klik alamat website berikut untuk mendaftar program beasiswa ini https://www.smart-tbk.com/beasiswa/

===Selesai===

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 536,572 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 September 2021. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati. Didirikan pada 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$2,2 miliar per 30 September 2021. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,52 persen.

GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 1992. Sinar Mas Agribusiness and Food berfokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Produk perusahaan dikirimkan kepada basis pelanggan yang beragam di lebih dari 70 negara melalui jaringan distribusi global dengan kemampuan pengapalan dan logistik, pemasaran berdasarakan area tujuan, on-shore refining dan ex-tank operations di berbagai negara. Sinar Mas Agribusiness and Food juga memiliki bisnis penunjang lainnya seperti produk berbahan dasar kacang kedelai di China, produk berbasis bunga matahari di India, serta bisnis gula.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Beni Wijaya
Corporate Communications Officer
[email protected]

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail