Ruang Berita

Blog

Membangun budaya inovasi untuk mendorong pertanian berkelanjutan

Oleh: SMART Dirilis: Mei 25, 2017 217 views

Peningkatan perubahan iklim dan volatilitas cuaca; maraknya para konsumen yang semakin cerdas dengan isu-isu kesehatan; kurangnya pasokan pangan; meningkatnya harapan akan praktek pertanian yang lebih ramah lingkungan dan keberlanjutan, inilah beberapa tantangan yang dihadapi bisnis yang terkait dengan pertanian seperti industri kelapa sawit. Dengan kondisi seperti ini, GAR menyadari bahwa tidak dapat lagi mengandalkan cara konvensional dalam melakukan sesuatu. Jalan yang harus ditempuh di masa depan ialah melalui inovasi.

Innovation in action: The increased frequency of El Nino threats encouraged GAR’s development of drought-resilient seeds. Photo credit: Dami Mas
Inovasi dalam tindakan: Meningkatnya frekuensi ancaman El Nino mendorong GAR mengembangkan benih yang tahan kemarau. Kredit foto: Dami Mas

Pemikiran inovatif diperlukan untuk merespons tantangan industri secara efektif sambil tetap memenuhi permintaan pasokan komoditas tersebut. Siapa yang lebih pantas membuat perubahan yang berarti selain mereka yang bekerja secara langsung dengan benih itu sendiri? Selama satu dekade terakhir, GAR telah mendorong perkembangan pemikiran inovatif untuk membantu industri ini berkembang.

Sinar Mas Plantation Conference (SMPC) telah menjadi forum utama dalam berbagi gagasan-gagasan inovatif seperti ini, dan pada acara yang dihadiri oleh 400 pemimpin pabrik dan perkebunan GAR, terdapat 44 inovasi yang dicetuskan oleh karyawan yang dipresentasikan dan dipilih untuk diimplementasikan lebih lanjut. Mulai dari pembuatan alat suntik hama yang ergonomis untuk meningkatkan produktivitas, sampai merancang penggunaan lain dari produk sampingan kelapa sawit yang dapat di daur ulang dari bahan limbah, konferensi kali ini merupakan wadah untuk berbagi antara karyawan dari berbagai divisi.

 

SMPC 2017 focused on key topics of innovation and modernisation of the palm oil industry to stay ahead.
SMPC 2017 berfokus pada topik utama inovasi dan modernisasi industri kelapa sawit untuk tetap menjadi yang terdepan.

Sejak dimulainya SMPC, lebih dari 117 gagasan karyawan telah berhasil dikembangkan untuk menetapkan standar yang lebih baik bagi organisasi. Banyak dari inovasi ini didorong oleh keinginan untuk menjadi lebih ramah lingkungan karena tim dari perkebunan kelapa sawit dan pabrik menerapkan Kebijakan Sosial & Lingkungan GAR (GSEP) sebagai peta jalan untuk memandu proses berpikir inovatif karyawan.

Keberlanjutan adalah bagian dari DNA kami dan perusahaan mendorong karyawan pabrik kami untuk berkontribusi pada cara-cara baru yang lebih baik dalam mengelola operasi, menetapkan standar yang lebih tinggi dalam bagaimana kami beroperasi secara berkelanjutan. Perusahaan baru-baru ini mengumumkan sebuah terobosan dalam menumbuhkan bahan tanam kelapa sawit dengan hasil panen tinggi – Eka 1 dan Eka 2 – yang dikembangkan di pusat penelitian kami. Keduanya akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas panen ke tingkat tertinggi di industri ini di lahan perkebunan yang sudah ada, sehingga berkontribusi terhadap produksi kelapa sawit secara berkelanjutan. Baca lebih lanjut tentang Eka 1 dan Eka 2.

Sebagai pemimpin industri yang bertanggung jawab di sektor minyak kelapa sawit, GAR akan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan melalui inovasi dan peningkatan yang berkesinambungan.

Baca lebih lanjut tentang keterlibatan eksternal kami dalam mengadvokasi inovasi di industri kelapa sawit di sini.