menu bar
close-grey

Asam stearat 101: Bahan sederhana nan multiguna di dunia oleokimia

Posted: May 27, 2024 5 minute read SMART

Mungkin asam stearat bukanlah nama yang mentereng, tetapi kemungkinan besar nama itu sering terdengar dalam keseharian kita. Asam lemak yang dapat ditemukan di mana-mana ini terkandung di dalam banyak produk sehari-hari, dan berperan penting melalui bentuk dan fungsinya.

Terkenal karena kemampuannya menghasilkan busa mewah pada sabun favorit dan kehalusan yang melembapkan pada produk perawatan kulit Anda, fungsi asam stearat lebih dari sekedar kebutuhan kamar mandi kita. Baca selengkapnya untuk mengungkap lebih banyak hal tentang asam stearat.

Daftar Isi

Apa itu asam stearat?

Asam stearat adalah lemak jenuh rantai panjang yang banyak ditemukan dalam sumber-sumber alamiah.

Zat ini merupakan salah satu dari banyak asam lemak rantai panjang. Contoh lain asam lemak jenis ini adalah asam palmitat dan asam oleat.

Asam Stearat

Lemak jenuh rantai 18 karbon

Tanpa ikatan rangkap

Titik leleh: ±69,3°C

Komponen penting dalam:

Lemak hewani (lemak sapi, lemak babi, lemak susu)

Minyak kelapa sawit

Mentega kakao

Mentega karite/shea

Tahukah Anda?

Apakah asal muasal kata “stearat”?
J :

Istilah “stearat” berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu “stear”, yang berarti lemak. Zat ini digunakan sebagai sumber daya utama dalam industri pembuatan lilin sebelum kemunculan listrik.

Kini, asam stearat memiliki banyak nama alternatif yang dapat Anda temukan pada label produk, antara lain asam oktadekanoat dan asam setilasetat.

 

Apa kegunaan asam stearat?

Walau paling dikenal orang berkat perannya dalam pembuatan sabun, asam stearat bukan sekadar bintang “opera sabun”. Bahan ini memainkan beragam peran lain dalam kehidupan kita sehari-hari. Berikut beberapa kegunaan umum asam stearat:

Sabun dan detergen
Asam stearat adalah bahan utama dalam sabun dan detergen, dan berfungsi membantu menghasilkan busa serta sifat membersihkan.
Makanan
Asam stearat ditemukan secara alami di banyak makanan, seperti daging, produk susu, dan mentega kakao. Asam ini juga dimanfaatkan sebagai bahan tambahan makanan untuk menyempurnakan tekstur dan stabilitas.
Kosmetik
Asam stearat digunakan dalam berbagai produk kosmetik, seperti losion, krim, dan lipstik, untuk menjadikan produk kental dan stabil.
Lilin
Asam stearat digunakan pada lilin untuk mengubah sifat pembakaran. Zat ini meningkatkan titik leleh, sehingga pembakaran lebih lambat, tetesan lilin berkurang, dan nyala api lebih bersih. Hal itu memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan lilin terbakar lebih lama, lebih tidak berantakan, dan lebih sedikit menghasilkan emisi berbahaya.
Plastik
Asam stearat juga dimanfaatkan sebagai pelumas dan agen Pelepas (release agent) dalam pembuatan plastik.
Farmasi
Asam stearat digunakan dalam sejumlah produk farmasi, seperti supositoria dan tablet, untuk mengikat berbagai bahan menjadi satu.
Karet
Asam stearat digunakan untuk mempercepat pembentukan jaringan ikat di dalam karet, sehingga lebih kuat dan elastis. Hal itu meningkatkan performa karet secara menyeluruh dan membuatnya lebih cocok untuk digunakan dalam berbagai industri, seperti otomotif, konstruksi, dan manufaktur.

 

Membongkar struktur dan sifat asam stearat

Stearic acid explained: structure meets function

Industri yang bertransformasi: Peran asam stearat yang berasal dari kelapa sawit dalam keberlanjutan dan inovasi

Ketika diproduksi dari sumber yang bertanggung jawab, asam stearat yang berasal dari kelapa sawit dapat menjadi solusi bagi bisnis yang ingin memperluas portofolio produk alaminya.

Bahan Pengaktif Inovasi

Asam stearat bukan sekadar zat pengisi. Sifat uniknya menginspirasi eksperimen dengan tekstur, fungsi, dan bahkan sistem pengiriman. Hal ini membuka jalan bagi lahirnya solusi baru untuk kebutuhan pembersih dan perawatan kulit.

Bahan yang Dapat Terurai Secara Biologis (Biodegradable)

Asam stearat bersifat biodegradable, yaitu dapat terurai secara alami di lingkungan berkat mikroba.

Sifat ini menjadikannya bagian tak terpisahkan dari produk ramah lingkungan, terutama jika dibuat dari minyak kelapa sawit yang dibudidayakan secara berkelanjutan.

Ramah Daur Ulang

Asam stearat berperan dalam pembuatan plastik berbahan hayati dari minyak nabati atau sisa pertanian.

Hal tersebut dapat membuat plastik lebih mudah dibentuk selama proses produksi, serta semakin kuat strukturnya. Pendekatan daur ulang ini mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam dan dapat menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan dibanding plastik tradisional.

Berpihak pada Komunitas

Praktik berkelanjutan tidak berhenti pada lingkungan saja; tetapi juga mencakup tanggung jawab sosial. Dengan budidaya yang bertanggung jawab, minyak kelapa sawit dan produk sampingannya, asam stearat, dapat membantu mengangkat perekonomian lokal dan mendukung pertumbuhan masyarakat.

Di samping berbagai peran yang dimiliki, asam stearat dari kelapa sawit menawarkan keunggulan signifikan dibanding minyak nabati lainnya dan minyak petrokimia setara yang digunakan untuk membuat asam ini. Jaap Raijmans, Product Line Manager for Oleochemicals kami, mengungkapkan, “Asam stearat yang bersumber dari kelapa sawit memiliki formulasi yang aman, dapat ditelusuri, dan berkelanjutan untuk beragam aplikasi, sekaligus menurunkan emisi karbon jika dibanding petrokimia.”

Selain itu, terdapat potensi pertumbuhan yang bagus dalam penggunaan asam stearat dari kelapa sawit di berbagai industri. Seiring dengan makin intensifnya fokus pada keberlanjutan dan inovasi, Marcus Hattar, Commercial Manager for Oleochemicals kami di AS, mengatakan, “Kami berharap asam stearat dari minyak kelapa sawit lebih berkembang dan aplikasi inovatifnya semakin banyak seiring naiknya permintaan terhadap minyak kelapa sawit yang diproduksi secara berkelanjutan di kalangan pelanggan dan konsumen.” Hal ini menempatkan oleokimia yang bersumber dari kelapa sawit sebagai yang terdepan dalam hal keberlanjutan dan inovasi.

Produk asam stearat kami: Tinjauan komparatif

Sinar Mas Agribusiness and Food menawarkan beragam solusi asam stearat. Berikut perbandingan singkat dari tiga lini produk kami:

Lini Produk Asam Stearat 65%+ Asam Stearat 40%-65% Rubber Grade Stearic Acid (RGSA)
Tampilan Seperti lilin, padatan kristal putih dalam bentuk manik-manik/serpihan, dengan sedikit bau seperti lemak/tanpa bau
Aplikasi Ideal Sangat cocok untuk aplikasi yang memerlukan konsentrasi asam stearat lebih tinggi, seperti kosmetik dan produk food-grade Digunakan dalam aplikasi yang memerlukan stabilitas panas tingkat tinggi Digunakan dalam manufaktur karet dan aplikasi industri lainnya
Contoh Penggunaan Losion dan krim, lipstik dan balsem, bedak rias, kembang gula, minuman Pembuatan kompon (compounding) karet, produksi ban, bahan tambahan lilin, plastik

 

Perbedaan Utama dan Panduan Pemilihan

Perbedaan utama dalam lini asam stearat kami adalah konsentrasinya, yang memengaruhi aplikasi ideal. Konsentrasi lebih tinggi (di atas 65%) cocok untuk penggunaan yang mementingkan kemurnian, sedangkan konsentrasi lebih rendah unggul dalam stabilitas terhadap panas. RGSA dirancang khusus untuk pembuatan karet dan aplikasi industri lain berkat kemampuannya meningkatkan viskoelastisitas karet, lilin, dan plastik.

 

———–

Temukan asam lemak oleokimia turunan kelapa sawit yang ideal untuk kebutuhan industri Anda. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut dan membuat pilihan yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jelajahi portofolio lengkap kami yang terdiri dari asam lemak, alkohol lemak, gliserin, dan butiran sabun (soap noodles) yang berasal dari kelapa sawit dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan di tautan ini.

———–

fb twitter linkedin mail