menu bar
close-grey

Asam Palmitat 101: Jawara asam lemak yang kita temukan sehari-hari

Posted: Apr 01, 2024 6 minute read SMART 159 views

Asam palmitat mungkin merupakan asam lemak paling berpengaruh yang jarang terdengar. Di balik penampakannya sederhana, asam lemak ini adalah komponen utama yang serbaguna di dunia asam lemak jenuh, baik pada produk yang digunakan sehari-hari maupun dalam aplikasi industri.

Mari kita ungkap fakta di balik molekul serbaguna ini.

Apa itu asam palmitat? Bagaimana asam lemak ini terbentuk?

Asam palmitat adalah asam lemak jenuh rantai panjang dengan rumus kimia C16H3202. Asam ini adalah salah satu asam lemak jenuh yang paling lazim ditemukan pada hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Nama asam palmitat diambil dari nama pohon kelapa sawit (palm). Zat ini merupakan komponen utama minyak kelapa sawit yang juga dapat ditemukan dalam daging, keju, mentega, serta produk susu lainnya.

Dalam produksi komersial, asam palmitat diperoleh dari minyak nabati dan lemak hewani melalui proses hidrolisis. Dalam proses ini, oleh air trigliserida dipecah menjadi berbagai jenis asam lemak dan gliserol. Setelah itu, berlangsung fraksinasi di mana asam lemak dipisahkan berdasarkan titik lelehnya.

Tahukah Anda?

Asam palmitat ditemukan pada tahun 1840 oleh Edmond Fremy dalam minyak kelapa sawit yang melalui proses saponifikasi. Pada Perang Dunia II, zat ini digunakan sebagai bagian dari bahan pembentuk gel untuk napalm. Kata napalm sendiri sebenarnya berasal dari “naphthenic acid and palmitic acid”, atau asam naftenat dan asam palmitat.

Biokimia asam palmitat menentukan cara kerjanya pada berbagai produk. Sebagai asam lemak dengan rantai 16 karbon, bentuknya secara umum padat pada suhu kamar dan sifatnya tidak mudah larut dalam air. Selain itu, struktur molekulnya menjadikan asam palmitat komponen penting dalam membran sel dan sumber energi yang penting untuk metabolisme.

Simak infografis berikut untuk mempelajari sifat fisik, kimia, dan biologis asam palmitat lebih lanjut.

Sifat-sifat asam palmitat

Bagaimana asam palmitat digunakan?

Asam palmitat digunakan di berbagai industri:

Memahami asam palmitat dalam nutrisi pakan sapi

Asam palmitat memegang peran kunci dalam nutrisi sapi perah, terutama pada masa menyusui. Menambahkannya ke pakan sapi akan meningkatkan volume maupun kandungan lemak susu, sehingga kuantitas susu dan nilai komersialnya pun meningkat. Asam lemak ini juga membuat sapi lebih efisien dalam mengubah pakan yang dikonsumsi menjadi energi. Mengingat biaya pakan dapat mencapai 70 persen dari total biaya produksi peternakan sapi perah, memanfaatkan cara yang lebih efektif untuk mengubah pakan menjadi susu dapat sangat membantu peternakan dari sisi keuntungan yang didapat.

Sedang mencari cara untuk meningkatkan nutrisi ternak Anda?

Kunjungi GoNutri Energy, rangkaian suplemen pakan ternak kami untuk hewan pemamah biak.

Dengan kandungan asam palmitat yang tinggi, produk kami ini meningkatkan produksi susu dan lemak susu, membuat serat netral dalam pakan lebih mudah dicerna, meningkatkan energi, dan bahkan meningkatkan kesuburan serta kondisi tubuh sapi.

Asam palmitat bekerja di dalam rumen (perut) sapi tanpa mengganggu proses pencernaan normanya. Stabilitas yang dihadirkannya menjaga keseimbangan bakteri dalam rumen dan menjaga agar berbagai jenis pakan dipecah dalam pola yang terprediksi. Asam palmitat juga mudah dicerna oleh sapi dan secara alami terdapat dalam susu dan daging sapi, sehingga aman sebagai tambahan pakan sapi.

Minyak kelapa sawit: Sumber utama asam palmitat

Minyak kelapa sawit menduduki peringkat teratas sebagai salah satu sumber asam palmitat terkaya, jika dibandingkan dengan minyak nabati lainnya.

Minyak Nabati Persentase Kandungan Asam Palmitat
(berdasarkan berat)
Minyak kelapa sawit 44
Minyak inti sawit 8-10
Minyak kelapa 8,5-10
Minyak kedelai 10
Minyak bunga matahari 5,5
Minyak biji kapas 22
Minyak kacang tanah 10

Perbandingan persentase asam palmitat dalam minyak nabati1

Pada saat bersamaan efektivitas biaya dan efisiensi tata guna lahan dari minyak kelapa sawit menjadikan asam palmitat berbasis kelapa sawit alternatif menarik daripada alternatif minyak nabati lainnya. Dengan volume tinggi, harga hemat, dan produksi sepanjang tahun (yang berarti pasokannya stabil), asam palmitat berbahan dasar kelapa sawit adalah pilihan andal dan menarik di pasar global. Sifat terbarukan asam palmitat yang berasal dari kelapa sawit juga menjadikannya pilihan yang lebih lestari dibanding zat yang sama berbasis petrokimia konvensional. Hal ini sejalan dengan meningkatnya kecenderungan konsumen yang lebih menyukai produk ramah lingkungan dan upaya mengatasi masalah lingkungan saat ini. Dengan asam palmitat dari kelapa sawit, industri memilih sumber asam palmitat yang lebih ekonomis dan andal sekaligus berkontribusi terhadap praktik yang lebih berkelanjutan.

Asam palmitat yang berasal dari kelapa sawit seringkali menjadi sorotan terkait dampak lingkungan dari budidaya kelapa sawit. Namun, komitmen industri sawit terhadap praktik bertanggung jawab, transparan, dan berkelanjutan telah meningkat signifikan. Hal ini mendorong penurunan deforestasi terkait produksi minyak kelapa sawit secara signifikan pada 2022, dengan angka penurunan paling signifikan tercatat pada rantai pasok yang dikelola berdasarkan komitmen nihil deforestasi.

Selain itu, makin banyak juga petani sawit yang berupaya mendapatkan sertifikasi keberlanjutan,Seperti sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), yang menetapkan pedoman komprehensif untuk produksi minyak sawit berkelanjutan. Karena itu, pemilihan asam palmitat berbasis kelapa sawit dari produsen yang berkelanjutan sangatlah penting.

Keberlanjutan adalah inti operasional SMAF

Minyak kelapa sawit yang diproduksi secara berkelanjutan memerlukan komitmen ambisius di berbagai bidang. Selain upaya konservasi yang dilakukan, Perusahaan berkomitmen untuk memastikan operasional kelapa sawit Perusahaan bebas deforestasi, dapat ditelusuri, dan memberikan manfaat bagi masyarakat ditempat kami beroperasi. Memenuhi komitmen ini adalah cara kami membangun industri kelapa sawit yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Produk asam palmitat kami: Tinjauan komparatif

Sinar Mas Agribusiness and Food menawarkan rangkaian produk asam palmitat serbaguna yang memenuhi beragam kebutuhan industri. Produk yang ditawarkan mencakup varian terhidrogenasi dan non-hidrogenasi. Berikut perbandingannya secara singkat:

Terhidrogenasi Non-hidrogenasi
Bentuk Asam Palmitat 80-89% Asam Palmitat 98% Asam Palmitat 80% Asam Palmitat 85%
Aplikasi Aplikasi atau formulasi yang memerlukan titik leleh lebih tinggi dan konsistensi padat pada suhu kamar Aplikasi atau formulasi yang memerlukan kemurnian dan konsistensi yang tepat Aplikasi atau formulasi yang mengutamakan integritas nutrisi dan/atau fluiditas Aplikasi atau formulasi yang memerlukan keseimbangan antara fungsi dan komposisi alami
Contoh Penggunaan Sabun, lilin, jenis bahan pengemas tertentu, pakan ternak Kosmetik premium, obat-obatan, aditif makanan, pakan ternak Aplikasi makanan (seperti penambah rasa atau krimer non-susu), sabun, pelumas, bahan campuran kimia, pakan ternak Produk perawatan pribadi, pelumas industri, pakan ternak

Perbedaan Utama dan Panduan Memilih

Perbedaan utama antara asam palmitat terhidrogenasi dan non-hidrogenasi terletak pada sifat fisiknya. Varian terhidrogenasi cenderung memiliki titik leleh lebih tinggi dan tingkat kejenuhan yang berubah, sedangkan varian tidak terhidrogenasi sangat cocok untuk aplikasi yang mengutamakan komposisi alami dan nilai gizi.

———————————————-

Temukan asam lemak oleokimia turunan kelapa sawit yang ideal untuk kebutuhan industri Anda. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut dan membuat pilihan tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jelajahi portofolio lengkap produk kami yang terdiri dari asam lemak, alkohol lemak, gliserin, dan butiran sabun (soap noodles) yang berasal dari kelapa sawit di tautan ini, semuanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan.

———————————————-

1 Diambil dari:
https://www.fediol.eu/data/fatty%20acids.pdf

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail