menu bar
close-grey

Asam oleat 101: Jangan menilai lemak dari pesona kulinernya saja

Posted: Jul 01, 2024 4 minute read SMART 2 Likes

Lupakan stereotipe bahwa lemak hanya digunakan untuk memasak. Asam oleat lebih dari sekadar komponen yang terkandung dalam minyak zaitun.

Dari kelancaran pengoperasian mesin nan rumit hingga kelembutan mewah dari produk kosmetik serta perawatan kulit, penggunaan asam oleat jauh melampaui sebatas makanan. Diam-diam zat asam ini juga mengubah dunia dengan cara yang tidak terduga. Simak artikel ini untuk mengenal asam oleat lebih jauh.

Daftar Isi

Apa itu asam oleat?

Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang umum dan lazim dikenal sebagai asam lemak yang terdapat pada minyak zaitun. Secara alami asam oleat juga banyak terkandung dalam minyak nabati lain, seperti minyak sawit, minyak bunga matahari, dan lemak hewani.

Asam Oleat

Rantai 18 karbon dan satu ikatan rangkap

Cair pada suhu kamar

Secara alami tak berbau dan warnanya kekuningan

Tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik, seperti alkohol dan minyak

Sangat stabil terhadap oksidasi

Membantu menurunkan kolesterol jahat dan mempertahankan kolesterol baik pada makanan

Tahukah Anda?

Apa dua bentuk kristal asam oleat?
Asam oleat terdapat dalam dua bentuk kristal, alpha (α) dan beta (β). Bentuk alpha meleleh pada suhu lebih rendah (sekitar 13,4°C atau 56°F) dibanding bentuk beta (sekitar 16,3°C atau 61°F). Dalam banyak aplikasi, perbedaan ini mungkin bukan faktor utama, dan sifat lain asam oleat mungkin lebih penting untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Apa kegunaan asam oleat?

Asam oleat banyak digunakan dalam bermacam industri:

Industri Makanan

Asam oleat, yang merupakan komponen utama minyak goreng dan margarin, meningkatkan stabilitas terhadap oksidasi sehingga bahan ini ideal untuk menggoreng dan memperpanjang masa simpan makanan.

Kosmetik dan Perawatan Tubuh

Keunggulan asam oleat terletak pada sifat melembapkan dan emoliennya, yang sering dijumpai pada sabun, krim, dan losion. Asam oleat juga digunakan pada produk perawatan rambut agar rambut lebih halus dan mudah diatur.

Farmasi

Asam oleat digunakan dalam formulasi berbagai obat. Asam oleat dapat menunjang kinerja bahan aktif farmasi, memperpanjang masa simpan produk, dan bahkan membuat pil lebih mudah ditelan. Asam oleat juga digunakan untuk formulasi obat topikal berkat sifatnya yang dapat menembus kulit.

Aplikasi Industri

Asam oleat berperan dalam banyak proses industri. Berkat sifat protektifnya terhadap permukaan logam, asam oleat menjadi bahan penting dalam membuat pelumas yang dapat terurai secara alami. Pada tekstil, asam oleat menghaluskan serat dan kain sehingga meningkatkan kualitas dan daya tahannya. Sebagai surfaktan, asam oleat memungkinkan pencampuran minyak dan air dalam produk seperti detergen dan sabun. Asam oleat juga meningkatkan “daya sebar” dan masa pakai produk cat serta pelapis.

Perusahaan kami menghadirkan asam oleat berbasis sawit ke pasar, dan menawarkan alternatif serbaguna serta berkelanjutan bagi industri yang membutuhkan bahan berkualitas dan ramah lingkungan.

Asam oleat dari minyak sawit: Begini metode pengadaan kami

Kendati minyak seperti minyak zaitun dikenal memiliki kandungan asam oleat yang tinggi, minyak sawit juga mengandung persentase kandungan asam oleat relatif tinggi, yaitu lebih dari 40 persen.

Minyak Nabati Persentase Kandungan Asam Oleat / %
Minyak zaitun 77,9
Minyak rapa 64,5
Minyak kacang tanah 59,2
Minyak kanola 57,3
Minyak sawit 41,0
Minyak wijen 40,0
Minyak bunga matahari 30,4
Minyak jagung 28,4
Minyak biji anggur 25,4
Minyak biji rami 20,4

Perbandingan kandungan asam oleat dalam minyak nabati1

Mengapa harus asam oleat dari kami? Tinjauan tentang mutu dan keberlanjutan

Perusahaan menawarkan pasokan asam oleat berkelanjutan yang berasal dari kelapa sawit yang diproduksi secara bertanggungjawab, dan dapat diandalkan untuk memenuhi permintaan global yang terus meningkat. Kenali keunggulan produk asam oleat kami.

Efisiensi Penggunaan Lahan dan Produktivitas yang Tinggi

Kelapa sawit sudah dikenal sebagai tanaman penghasil minyak dengan penggunaan lahan paling efisien. Produksi asam oleat kami memanfaatkan benih unggul Dami Mas DxP yang dikembangkan untuk ekstraksi minyak dan produktivitas per hektar yang lebih tinggi, yang penting untuk memenuhi permintaan global yang terus meningkat.

Praktik Berkelanjutan dan Keamanan Pasokan

Komitmen kami terhadap pertumbuhan berkelanjutan melalui inisiatif seperti peremajaan tanaman berkontribusi pada pasokan asam oleat yang berkelanjutan. Saat ini, kami memproduksi hingga 440.000 ton oleokimia setiap tahunnya.

Alternatif Serbaguna dan Terbarukan

Asam oleat dari sawit kami merupakan pengganti yang terbarukan untuk petrokimia, sehingga menjadikannya pilihan serbaguna dan ramah lingkungan terutama untuk formula berbasis nabati.

Pengiriman & Logistik Terpadu

Divisi khusus pengiriman dan logistik memberi kendali penuh atas seluruh rantai nilai kami, dari perkebunan hingga ke tempat Anda. Dapatkan asam oleat Anda di tempat tujuan yang diinginkan dengan aman dan tepat waktu.

Produk asam oleat kami: Selayang pandang

Produk asam oleat Perusahaan dirancang khusus untuk memenuhi beragam kebutuhan industri. Pelajari penawaran ini lebih lanjut:

Asam Oleat 75%*
Tampilan Cair dan berwarna kuning muda pada suhu kamar
Aplikasi Ideal Digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan konsentrasi asam oleat tinggi dan minim zat yang menyebabkan ketidakmurnian (impuritas) yang dapat memengaruhi produk akhir
Contoh Penggunaan Pembuatan sabun, aplikasi farmasi (salep, krim, supositoria), formulasi kosmetik (losion dan pelembab), aplikasi makanan

*Persentase mengacu pada konsentrasi asam lemak.

 

———–

Temukan asam lemak oleokimia turunan kelapa sawit yang ideal untuk kebutuhan industri Anda. Klik di sini untuk menjelajahi info lebih lanjut dan memilih sesuai kebutuhan Anda.

Jelajahi portofolio lengkap kami yang terdiri dari asam lemak, alkohol lemak, gliserin, dan butiran sabun (soap noodles) berbasis kelapa sawit dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan di tautan ini.

———–

fb twitter linkedin mail