menu bar
close-grey

ADM Bergabung dengan Sinar Mas Agribusiness and Food dan Tzu Chi Indonesia untuk Mempercepat Kemajuan Ekonomi Pedesaan

Posted: Sep 21, 2023 5 minute read SMART 393 views
  • ADM bermitra dengan Sinar Mas Agribusiness and Food dan Tzu Chi Indonesia untuk memperluas jangkauan inisiatif pembangunan kawasan pedesaan.
  • Program ini bertujuan meningkatkan akses layanan penitipan anak dan mendorong kewirausahaan tingkat desa yang berkelanjutan di Provinsi Riau, Indonesia.

 Jakarta, 21 September 2023: Tiga kabupaten di Provinsi Riau Indonesia akan menerima manfaat peningkatan pendanaan untuk program pembangunan wilayah pedesaan dengan ditandatanganinya kesepakatan antara organisasi kemanusiaan Tzu Chi Indonesia, perusahaan agrobisnis Sinar Mas Agribusiness and Food, dan perusahaan nutrisi ADM.

Melalui ADM Cares program bakti sosial ADM, dana hibah yang diberikan akan menyasar dua proyek yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dalam rantai pasok Sinar Mas Agribusiness and Food dan ADM dengan durasi satu tahun. Kerjasama ini akan memperkuat upaya penguatan layanan penitipan anak yang sedang berjalan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food dan Tzu Chi Indonesia, serta inisiatif pelatihan pertanian berkelanjutan di sekitar perkebunan kelapa sawit Sinar Mas Agribusiness and Food di Riau.

Alexander Otten, Managing Director, Global Trade Asia ADM menyatakan, “Kami bangga dengan kemitraan yang memadukan rantai pasok ADM dan jaringan petani yang luas di Riau dari Sinar Mas Agribusines and Food, serta Tzu Chi Indonesia dengan reputasinya di akar rumput dalam meningkatkan ketahanan masyarakat desa di Indonesia. Melalui ADM Cares bersama Sinar Mas Agribusiness and Food, dan Tzu Chi Indonesia, kami bertujuan memberdayakan masyarakat lokal serta membekali mereka dengan dukungan, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk mendorong perubahan ekonomi maupun meningkatkan taraf hidup masyarakat di Riau.”

Peningkatan Akses Penitipan Anak di Masyarakat Pedesaan

Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya akses terhadap tempat penitipan anak merupakan kendala utama bagi perempuan yang bekerja di luar rumah. Menurut Bank Dunia, terjadi peningkatan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja dari sekitar 53% menjadi 58%. Hal ini sejalan dengan komitmen G20 Indonesia, yang berpotensi meningkatkan perekonomian negara sebesar US$62 miliar dan menaikkan PDB sebesar 0,7%.

Sinar Mas Agribusiness and Food menjalankan lebih dari 300 Balai Penitipan Anak (BPA) di seluruh area operasionalnya di Indonesia. Melalui program ini, 60 orang pengasuh tetap di 35 BPA yang ada di Riau akan menerima pelatihan khusus di bidang pengasuhan anak dan pendidikan usia dini, serta peningkatan fasilitas maupun peralatan ruang kelas.

Peningkatan penyediaan layanan penitipan anak ini akan menjangkau 760 anak dari pekerja kebun dan membantu lebih banyak perempuan untuk kembali memasuki pasar kerja serta memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang signifikan.

Irwan Tirtariyadi, Head of Upstream Operations Sinar Mas Agribusiness and Food, mengungkapkan, “Penitipan anak berkualitas memberikan manfaat yang jauh lebih besar tak hanya bagi anak-anak asuh tersebut. Akses terhadap penitipan anak sangat penting agar perempuan dapat bekerja dan memperoleh penghasilan tambahan. Kemitraan ini akan membantu kami memberikan pelatihan tertarget, dukungan, serta fasilitas untuk memperluas dampak BPA sekaligus membangun ketahanan masyarakat dan kemandirian ekonomi.”

“Keberadaan BPA akan menaburkan benih kesuksesan bagi generasi mendatang, melalui pemberdayaan masyarakat sejak usia dini serta landasan pendidikan yang kuat akan menyiapkan mereka menuju masa depan lebih baik.”

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Pusat Kegiatan Pembelajaran Masyarakat (PKBM)
Pusat Kegiatan Pembelajaran Masyarakat (PKBM) yang baru di Riau akan memberikan pendidikan tentang pertanian berkelanjutan yang terintegrasi untuk mendorong kewirausahaan masyarakat

Proyek kedua akan mengembangkan jaringan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) milik Sinar Mas Agribusiness and Food di Kalimantan Barat dan Riau, dalam rangka mendukung pengembangan mata pencaharian alternatif masyarakat desa.

Melalui kemitraan ini, akan dibentuk sebuah PKBM baru yang akan membekali lebih dari 180 keluarga petani dengan pendidikan tentang sistem agrikultur berkelanjutan. PKBM juga akan membantu peserta memaksimalkan keterampilan ini guna memperoleh penghasilan dengan mendirikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta usaha milik warga.

Dengan Bright Future Initiative, hingga saat ini Sinar Mas Agribusiness and Food telah membantu masyarakat mendirikan 37 UMKM, yang memberikan pelatihan perencanaan bisnis serta memperkuat literasi digital dan finansial untuk membantu warga memasarkan produk mereka. Berbekal pengalaman Sinar Mas Agribusiness and Food  di Riau, inisiatif baru ini akan membentuk 12 kelompok masyarakat yang akan berpartisipasi dalam proyek percobaan yang bertujuan mengembangkan praktik pertanian ekologi terpadu dan menghasilkan pupuk organik komersial serta tanaman bernilai ekonomis, dan meningkatkan kualitas praktik budidaya ternak untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai tambah bagi petani.

 

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 537.733 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 Juni 2023. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Perusahaan induknya, GAR didirikan pada tahun 1996 dan tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$2,3 miliar pada tanggal 30 Juni 2023. Flambo International Limited, sebuah perusahaan investasi, saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,56 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Sinar Mas Agribusiness and Food berfokus pada produksi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utama perusahaan ini meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan inti sawit; perdagangan dan penyulingan CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit di seluruh dunia. Perusahaan ini juga beroperasi di Tiongkok dan India, termasuk pelabuhan laut dalam, pabrik pengolahan biji minyak, kemampuan produksi untuk produk minyak nabati yang dimurnikan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perusahaan, silakan mengunjungi https://www.smart-tbk.com

Tentang ADM

ADM mengoptimalkan kekuatan alam untuk memperkaya kualitas hidup. Kami adalah perusahaan nutrisi untuk manusia dan hewan terkemuka di dunia, dengan menghadirkan solusi untuk saat ini dan perhatian tertuju pada masa depan. Kami membuka dan merintis jalur baru di bidang kesehatan dan kesejahteraan bersama para ilmuwan kami dengan mengembangkan produk-produk inovatif untuk mendukung kehidupan yang lebih sehat. ADM merupakan inovator terdepan yang memimpin jalan menuju masa depan baru bagi solusi nabati untuk konsumen maupun industri, guna menggantikan produk berbasis minyak bumi. Perusahaan kami adalah pengelola dan pengolah rantai pasok pertanian yang tak tertandingi, yang mewujudkan ketahanan pangan dengan membina hubungan erat antara kebutuhan lokal dengan kapasitas global. Kami juga merupakan pemimpin di bidang keberlanjutan yang meliputi seluruh rantai nilai untuk mendorong dekarbonisasi industri dan menjaga planet bumi. Mulai dari benih gagasan hingga hasil solusi, kami memberi pelanggan keunggulan dalam mengatasi tantangan nutrisi dan keberlanjutan di masa sekarang dan yang akan datang.

Pelajari lebih lanjut di www.adm.com.

Tentang Tzu Chi Indonesia

Tzu Chi Indonesia merupakan sayap tingkat nasional dari organisasi sosial kemanusiaan Tzu Chi Foundation yang didirikan Master Cheng Yen pada tahun 1966, yang kantor pusatnya berada di Hualien, Taiwan. Hingga saat ini, Yayasan Tzu Chi sejauh telah berkembang di 67 negara di seluruh dunia dan telah menyalurkan bantuan ke lebih dari 128 negara berdasarkan prinsip cinta kasih universal, tanpa memandang etnis, ras, dan agama. Organisasi ini aktif di bidang kegiatan amal, layanan kesehatan, pendidikan, dan kebudayaan.

Pelajari lebih lanjut di https://www.tzuchi.or.id/eng/

Untuk pertanyaan terkait media, silakan hubungi:

Annisa Indrayanti (Corporate Communication)
Email: annisa.indrayanti@sinarmas-agri.com

fb twitter linkedin mail