Ruang Berita

Teknologi dan R&D

10 fakta produksi pangan berbasis minyak kelapa sawit di pusat riset dan pengembangan GAR, Marunda


Tidak ada jalan pintas yang dapat  ditempuh dalam membuat  produk pangan untuk konsumsi. Itulah  mengapa minyak goreng, margarin, dan produk pangan minyak kelapa sawit GAR lainnya diolah di kilang minyak dalam kondisi yang diatur dengan ketat. Perusahaan juga berinvestasi pada pusat Riset dan Pengembangan (Litbang) mutakhir yang berdekatan dengan pabrik Marunda (yang terletak di sepanjang pinggir kawasan Timur Laut Jakarta), untuk mendukung pembuatan produk pangan yang aman, sehat dan lezat. Berikut ini 10 fakta tentang pusat litbang GAR di Marunda.

Foto udara unit operasional Marunda.
  1. Pusat litbang lima lantai ini berdiri pada tahun 2015 dan terletak di area yang sama dengan kilang minyak Marunda.

    Lokasi Pusat Litbang Marunda ada di Kabupaten Bekasi.
  2. Kami memiliki laboratorium pertama khusus lemak dan minyak nabati di Indonesia yang memiliki akreditasi ISO 17025. Artinya laboratorium kami memiliki kompetensi, kenetralan, dan konsistensi dalam menjalankan kegiatan operasional. Hal ini sangat bermanfaat bagi pelanggan yang akan memenuhi kebutuhan pasar internasional karena mereka yakin dengan analisis yang bisa diandalkan dan aman sesuai standar global saat diperlukan konsep produk baru atau kebutuhan khusus lain muncul.

  3. Dilengkapi peralatan paling modern dalam teknologi pangan, laboratorium ini adalah tempat ahli teknologi pangan GAR mengembangkan produk baru, seperti margarin dengan profil rasa berbeda, shortening dengan kemampuan istimewa sebagai whipping cream, atau solusi unik untuk pelapis es krim dan bahkan pengganti lemak susu.

    Punjung, ahli teknologi pangan GAR, di tengah kesibukannya bekerja mengembangkan produk di laboratorium pusat Litbang Marunda.
  4. Upaya untuk meningkatkan produk yang sudah ada juga dilakukan di lokasi ini melalui reformulasi beragam formula produk. Reformulasi sering diartikan sebagai peningkatan performa atau nutrisi produk, seperti ketika asam lemak trans dihilangkan dari produk-produk kami.

  5. Pusat litbang ini juga memiliki dapur berkonsep lengkap yang memungkinkan para koki menguji penggunaan produk pada berbagai jenis makanan. Dapur ini memiliki dua bagian unik: Bagian bakery yang dilengkapi berbagai peralatan yang cocok untuk membuat kue, donat, roti, dan kue kering; dan bagian savoury yang mempunyai ragam penggorengan, wajan, dan ketel, cocok untuk menguji pemanfaatan minyak goreng. Perbedaan utama dari dapur standar adalah bahwa uji coba produk dan pengembangan produk baru dilakukan di sini sesuai standar uji industri yang diakui, dan juga diuji secara sederhana untuk pemakaian rumah tangga.

    Dapur lengkap di pusat Litbang Marunda.
  6. Analisis sensori merupakan parameter kunci guna pengujian produk. Untuk keperluan ini, dilakukan tes rasa tertutup di ruang uji sensori, tempat penguji dapat mengevaluasi penampilan visual, rasa, bau dan tekstur produk dalam fase uji coba.

  7. Pengembangan kemasan juga dilakukan di pusat litbang ini. Di sini dieksplorasi berbagai bahan kemasan baru yang dapat membuat produk yang dihasilkan lebih ringan dan padat, sehingga memaksimalkan ruang saat dimuat ke kontainer. Hal ini telah terbukti dapat menekan biaya, menurunkan konsumsi energi, dan mengurangi emisi karbon.

  8. Setelah produk diuji coba dan dites di laboratorium, dan sebelum menentukan apakah cocok untuk produksi massal, ada fase percontohan pabrikasi di pusat litbang. Dalam fase ini, dilakukan simulasi proses produksi menggunakan versi berskala “mini” dari peralatan yang sama, seperti digunakan dalam proses rafinasi dan pembuatan produk, untuk menentukan apakah produk dapat dibuat pada skala komersial dari segi biaya, keamanan, dan waktu.

  9. Pabrik litbang ini juga memiliki mesin dan kapasitas produksi cokelat yang beragam sehingga memungkinkan pembuatan produk cokelat berbasis minyak kelapa sawit. Ini berarti GAR dapat memberikan dukungan terhadap industri confectionary untuk membuat cokelat batangan, wafer, dan choco chips.


    Rangkaian produk cokelat yang dapat dibuat di pusat litbang Marunda.
  10. Pabrik litbang ini juga memiliki mesin dan kapasitas produksi cokelat yang beragam sehingga memungkinkan pembuatan produk cokelat berbasis minyak kelapa sawit. Ini berarti GAR dapat memberikan dukungan terhadap industri confectionary untuk membuat cokelat batangan, wafer, dan choco chips.

Jika Anda adalah pebisnis yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang penggunaan produk-produk yang dihasilkan Sinar Mas Agribusiness and Food, silakan kunjungi situs http://smartpluspro.com/ .

Ingin tahu apa manfaat nutrisi minyak kelapa sawit? Cari tahu lebih lanjut di sini.

| | |