About-Banner
Tentang kami

Dewan Direksi

Tugas utama Direksi adalah memimpin dan menjalankan Perusahaan dalam mencapai tujuannya. Direksi juga bertanggung jawab untuk mewakili Perusahaan baik di dalam maupun di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar Perusahaan.

Direksi melaksanakan tugas mereka sesuai dengan Piagam Direksi dan Kode Etik Perusahaan.

Saat ini, Direksi terdiri dari enam anggota yang akan menjabat sampai dengan tahun 2020. Salah satu dari anggota Direksi merupakan Direktur Independen. Hal ini sesuai dengan peraturan Bursa Efek Indonesia, yang mengharuskan minimal satu dari anggota Direksi merupakan Direktur Independen.

Anggota Direksi adalah sebagai berikut:

Direktur Utama : Jo Daud Dharsono
Wakil Direktur Utama : Edy Saputra Suradja
Wakil Direktur Utama : Jimmy Pramono
Direktur : DR. ING Gianto Widjaja
Direktur : Agus Purnomo
Direktur Independen : Ir. Lukmono Sutarto
  • Jo Daud Dharsono

    Direktur Utama

    Bapak Jo Daud Dharsono pertama kali diangkat sebagai Direktur Utama pada RUPST Perseroan tanggal 15 Mei 2008. Beliau juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Purimas Sasmita, pemegang saham Perseroan.

    Beliau aktif di beberapa organisasi seperti Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) di mana beliau menjabat sebagai Ketua Bidang Sustainability, dan juga di Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) sebagai Ketua Bidang Budidaya dan Industri.

    Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Trisakti, Jakarta pada tahun 1984. Pada tahun 1975, beliau mengawali karirnya di Kantor Akuntan Drs. Hadi Sutanto & Co., koresponden dari Price Waterhouse & Co. Mulai tahun 1982, beliau menjabat sebagai Manajer Operasional PT Salindo Perdana Leasing Indonesia sampai dengan 1985 dan tenaga pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas sampai dengan 1997.  Pada tahun 1985, bergabung dengan PT SMART Tbk, di mana beliau menjabat berbagai posisi penting dan terakhir sebagai Direktur Utama.

  • Edy Saputra Suradja

    Wakil Direktur Utama

    Bapak Edy Saputra Suradja pertama kali diangkat sebagai Wakil Direktur Utama pada RUPST Perseroan tanggal 15 Mei 2008 dan bertanggung jawab atas pengawasan dan pengelolaan operasi perkebunan. Beliau juga menjabat sebagai Direktur PT Purimas Sasmita, pemegang saham Perseroan.

    Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Katolik Parahyangan, Bandung pada tahun 1985. Beliau memulai karirnya sebagai Kepala Seksi Akuntansi PT Sadang Mas sebelum menjabat sebagai Direktur PT SMART Tbk pada tahun 2004.

  • Jimmy Pramono

    Wakil Direktur Utama

    Bapak Jimmy Pramono diangkat sebagai Wakil Direktur Utama pada RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015 dan bertanggung jawab atas pengelolaan bagian tertentu di Corporate Finance. Beliau merangkap sebagai Sekretaris Perusahaan berdasarkan keputusan Direksi efektif tanggal 1 Oktober 2006. Beliau juga menjabat sebagai Direktur PT Purimas Sasmita, pemegang saham Perseroan.

    Beliau lulus dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, jurusan Akuntansi pada tahun 1987. Beliau memulai karirnya di Kantor Akuntan Publik Drs. Utomo & Co. (Arthur Andersen) sebagai auditor. Pada tahun 1996, beliau mulai bergabung dengan PT SMART Tbk sebagai Assistant Vice President Finance.

  • DR. ING. Gianto Widjaja

    Direktur

    Bapak Gianto Widjaja pertama kali diangkat sebagai Direktur pada RUPST Perseroan tanggal 15 Mei 2008 dan bertanggung jawab atas pengawasan dan pengelolaan operasi hilir Perseroan.

    Beliau memperoleh gelar Sarjana Teknik Kimia dari Technische Hochschule Darmstadt, Jerman, pada tahun 1973 serta memperoleh gelar Master dan Doktor dari universitas yang sama pada tahun 1975 dan 1978. Beliau memulai karir sebagai tim Divisi Diversifikasi PT Djarum pada tahun 1979 dan kemudian menjadi Direktur pada berbagai perusahaan dalam Kelompok Usaha Gudang Garam. Beliau bergabung dengan PT BASF Indonesia pada tahun 1997 dengan posisi terakhir sebagai Direktur.

  • Agus Purnomo

    Direktur

    Bapak Agus Purnomo diangkat sebagai Direktur pada RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015 dan bertanggung jawab di bidang Sustainability dan Strategic Stakeholder Engagement  Perseroan.

    Beliau memperoleh gelar Master of Business Administration dari Prasetya Mulya Management Institute, Indonesia pada tahun 1985, serta gelar Master Degree in Urban Environmental Policy dari Tufts University, Amerika Serikat pada tahun 1994.  Beliau pernah menjabat berbagai posisi di pemerintahan, lembaga multilateral, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) internasional dan nasional yang berfokus pada bidang kelestarian selama lebih dari 30 tahun. Beliau pernah menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Perubahan Iklim (2010-2014), Staf Khusus Menteri di Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (2004-2009), Penasihat Bidang Lingkungan di World Bank, dan Direktur Eksekutif WWF Indonesia. Beliau bergabung dengan Perseroan pada tahun 2014.

  • Ir. Lukmono Sutarto

    Direktur Independen

    Bapak Lukmono Sutarto pertama kali diangkat sebagai Direktur Independen pada RUPST Perseroan pada tanggal 5 Juni 2012 dan bertanggung jawab dalam hal corporate affair Perseroan.

    Beliau lulus dari fakultas Teknik Mesin Universitas Trisakti pada tahun 1984. Beliau memulai karirnya sebagai Direktur di PT Hadinata Brothers & Co dan PT Asia Putra Perkasa.

    Bapak Lukmono Sutarto tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama Perseroan.