sustainability-banner-1024x178-1
Keberlanjutan

Keberperanan Masyarakat

Budidaya kelapa sawit menghasilkan dampak positif dan signifikan bagi masyarakat Indonesia dengan penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, dan pemberdayaan masyarakat untuk mencapai taraf penghidupan yang lebih baik bagi diri mereka sendiri dan generasi mendatang. PT SMART Tbk (SMART) menyadari bahwa pendirian perkebunan dapat menciptakan perubahan bagi masyarakat setempat dan masyarakat adat. Prinsip-prinsip keberlanjutan kami antara lain dinyatakan dalam diperolehnya Persetujuan Atas Dasar Informasi Awal Tanpa Paksaan (Free, Prior, and Informed Consent / FPIC atau PADIATAPA) dari pihak-pihak terkait sebelum kegiatan perkebunan kelapa sawit dimulai.

Komitmen kami terhadap PADIATAPA tercantum dalam Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG). Komitmen ini berlaku untuk setiap perkebunan yang dimiliki, dikelola atau menerima investasi dari SMART terlepas dari skala keterlibatan kami. Kami juga berkomitmen untuk memastikan bahwa proses pengambilan keputusan oleh masyarakat adat dan masyarakat setempat dilakukan tanpa tekanan dan intimidasi (free), dilakukan sebelum pelaksanaan suatu kegiatan yang berdampak pada masyarakat sekitar (prior), dan dengan dasar pengetahuan yang cukup mengenai aktivitas dan dampaknya terhadap masyarakat sekitar (informed), sehingga mereka dapat memberikan persetujuan atau ketidaksetujuan terhadap kegiatan tersebut (consent).

SMART juga berkomitmen untuk meningkatkan proses dan prosedur yang menghormati hak-hak adat masyarakat setempat dan masyarakat adat. Partisipasi aktif dan dukungan dari kelompok-kelompok masyarakat ini penting bagi aspek-aspek keberlanjutan kami lainnya. Kami berusaha untuk melibatkan masyarakat setempat dalam konservasi hutan dan mengambil pendekatan inklusif dan kolaboratif untuk mengatasi tantangan keberlanjutan melalui pendekatan konservasi partisipatif kami.

Kebijakan dan praktik kami dirancang untuk meminimalkan kemungkinan konflik terkait operasi. Saat timbul konflik, kami berkomitmen untuk mengusahakan penyelesaian yang bertanggung jawab. Kami telah bekerja bersama dengan para pemangku kepentingan untuk menciptakan sistem resolusi konflik terdokumentasi yang seimbang, bertanggung jawab, dan disepakati bersama serta dapat diakses oleh petani swadaya, masyarakat adat, masyarakat perdesaan, dan pihak-pihak lain yang mungkin terkena dampak dari kegiatan operasional kami.